Yang pertama kita menyadari bahwa Indonesia ini mempunyai potensi menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dyah Roro Esti mengungkapkan Indonesia berpotensi menjadi ekonomi terbesar di dunia.

"Yang pertama kita menyadari bahwa Indonesia ini mempunyai potensi untuk menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Ada berbagai sektor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi tersebut. Mengingat kita ada bonus demografi, produktivitas harus kita tingkatkan," ujar Roro di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, ketika berbicara mengenai perdagangan terdapat dua komponen yakni perdagangan dalam negeri dan perdagangan luar negeri.

"Dalam negeri, bagaimana kemarin juga Bapak Presiden Prabowo Subianto menyampaikan komoditas-komoditas kita, baik itu pangan, industri, itu harus berdaya saing. Lalu yang kedua, berkaitan mengenai kerja sama luar negeri, Pak Jerry Sambuaga, yang merupakan mantan Wamendag, juga telah menjalankan berbagai macam kerja sama bilateral. Melalui Comprehensive Economic Partnership Agreement atau CEPA yang berjalan, yang sudah berjalan di beberapa negara dan juga yang masih pending di beberapa negara," katanya.

Roro sendiri akan berkoordinasi dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso terkait percepatan perundingan CEPA dengan beberapa negara.

"Kebetulan saya juga kemarin sempat memimpin sebagai ketua bilateral antara Indonesia dan Peru, salah satu yang kita bahas juga tentang CEPA. Jadi mudah-mudahan kalau misalnya nanti teridentifikasi, ada beberapa negara yang harus kita percepat, kita akan lakukan. Apalagi kalau Peru itu akan mengadakan APEC, di mana Bapak Prabowo juga akan hadir bersama dengan menteri luar negerinya dan jajarannya. Maka kita juga harus siap mendukung jika dibutuhkan," kata Roro.

Dia juga menyampaikan bahwa dirinya akan meneruskan apa yang telah dilakukan Wamendag sebelumnya.

"Salah satu hal yang ingin saya lakukan meneruskan apa yang telah Pak Jerry lakukan. Karena saya yakin pasti sudah banyak yang sudah dikerjakan. Nanti kita identifikasi terlebih dahulu apakah ada negara-negara prioritas yang harus kita mungkin pelajari," kata Roro.

Sebagai informasi, Wamendag Dyah Roro Esti melakukan serah terima jabatan dengan Jerry Sambuaga di Gedung Kementerian Perdagangan Jakarta, pada Selasa.

Acara serah terima jabatan tersebut dihadiri oleh Menteri Perdagangan Budi Santoso bersama jajaran Kementerian Perdagangan.

Baca juga: Dyah Roro Esti jadi wamen termuda yang mengurus perdagangan

Baca juga: Wamendag Jerry: Indonesia jadi negara mitra dagang yang menarik

Baca juga: Wamendag: RI punya hak untuk mengolah dan memperdagangkan komoditasnya

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024