Belo Horizonte (ANTARA News) - Brasil dikabarkan tanpa diperkuat bek David Luiz menyusul cedera yang didapatkannya saat sesi latihan.

Pemuncak klasemen Grup A Brasil akan bertemu dengan peringkat dua Grup B Chile, di babak 16 besar di Belo Horizonte, Sabtu (28/6), pukul 23.00 WIB.

Pemain Paris Saint-Germain itu tidak tampak pada sesi latihan pada Jumat yang dibuka untuk awak media. Sebelumnya konfederasi sepakbola Brasil mengatakan, "David Luiz ikut dalam sesi pertama latihan pada Jumat." Kemudian meralat dan mengatakan Luiz tidak bisa ikut sesi latihan karena cedera punggung dan tengah menjalani scan untuk kemudian menjalani perawatan.

Pemain Bayern Muenchen, Dante diperkirakan akan menggantikan Luis dan menjadi tandem Silva di jantung pertahanan Brasil.

Walaupun datang sebagai pemuncak klasmen grup, Scolari mengatakan merasa cemas jelang laga melawan Chile.

"Itu dimengerti ketika salah satu pihak merasa tidak nyaman dan cemas, khususnya ketika berlaga di babak knockout. Kami tidak boleh melakukan kesalahan," kata Scolari saat konferensi pers di Mineirao Stadium.

"Ini menimbulkan sedikit kegelisahan, dan kekhawatiran. Tetapi ini normal di kometisi manapun, bukan karena kami sebagai tuan rumah. Ketika saya berada di perjalanan dan memulai berpikir, saya juga merasa gugup."

Kapten tim, Thiago Silva menyerukan hal serupa dengan Scolari. Silva mengatakan tekanan pada timnya sudah berlangsung sejak pertandingan pembuka ketika menang lawan Kroasia 3-1.

"Mustahil menghilangkan perasaan itu. Setahun sebelum pertandingan saya selalu memikirkan piala dunia. Momen ini penting untuk kami semua karena ini terjadi di Brasil," kata pemain 29 tahun itu.

Thiago menambahkan, "Kami harus mengendalikan perasaan cemas kami sebisa mungkin. Saat pertandingan pertama saya tidak bermain sebagai diri sendiri. Saya bertanya-tanya apakah saya lupa caranya bermain."

Scolari juga mengatakan, "Kami tidak akan bangga jika hanya sampai di babak knock out, ini semua tentang dedidkasi."

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014