Jakarta (ANTARA) -
Beberapa peristiwa humaniora terjadi di Tanah Air sepanjang Senin (21/10). Di antaranya, Nasaruddin Umar jabat Menteri Agama gantikan Yaqut Cholil Qoumas hingga Menteri-Menteri perempuan di Kabinet Merah Putih.   
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
Nasaruddin Umar jabat Menteri Agama gantikan Yaqut Cholil Qoumas
 
Presiden RI Prabowo Subianto menunjuk Nasaruddin Umar sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Merah Putih yang diumumkan di Istana Negara Jakarta, Minggu malam.
 
Nasaruddin Umar diangkat sebagai Menteri Agama menggantikan Yaqut Cholil Qoumas yang tidak diperpanjang masa jabatannya.
 
Sebelum resmi ditunjuk sebagai Menag, Nasaruddin berkisah soal pemanggilannya yang tiba-tiba oleh Prabowo. Ia dipanggil Prabowo untuk datang ke kediamannya di Kartanegara.
 
"Saya betul-betul sangat surprise ya. Saya enggak menyangka dan saya kaget, saya enggak pernah membayangkan," kata Nasaruddin.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Prabowo tunjuk Yandri Susanto Mendes PDT, Iftitah Suryanegara Mentrans
 
Presiden RI Prabowo Subianto menunjuk Yandri Susanto menjadi Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal serta M. Iftitah Sulaiman Suryanegara sebagai Menteri Transmigrasi dalam Kabinet Merah Putih yang diumumkan di Istana Negara Jakarta, Minggu malam.
 
"29, Yandri Susanto MPd, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal. 30, M. Iftitah S. Suryanegara SH MA, Menteri Transmigrasi," kata Prabowo saat mengumumkan kabinetnya didampingi Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka.
 
Yandri dan Iftitah nantinya akan berbagi tugas yang sebelumnya diampu oleh Abdul Halim Iskandar selaku Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi era Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Ke-7 RI Joko Widodo pada 2019-2024.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Prabowo tunjuk Yassierli jadi Menaker, Abdul Kadir pimpin BP2MI
 
Akademisi Yassierli ditunjuk oleh Presiden RI Prabowo Subianto menjadi Menteri Ketenagakerjaan dalam Kabinet Merah Putih yang ia pimpin bersama Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.
 
Sementara itu, Abdul Kadir Karding dipercaya menjabat Menteri Perlindungan Pekerja Migran Indonesia/Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).
 
"22, Prof Ir Yassierli PhD, Menteri Ketenagakerjaan. 23, Abdul Kadir Karding, Menteri Perlindungan Pekerja Migra Indonesia/Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia," kata Prabowo saat mengumumkan kabinetnya di Istana Negara Jakarta, Minggu malam.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Immanuel Ebenezer dampingi Yaserrli pimpin Kementerian Ketenagakerjaan
 
Presiden RI Prabowo Subianto menunjuk politikus Immanuel Ebenezer menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan mendampingi Prof. Yaserrli yang ditunjuk sebagai menteri lembaga negara itu untuk periode 2024-2029.
 
Nama Immanuel Ebenezer masuk dalam daftar ke-25 jajaran Wakil Menteri Kabinet Merah Putih, yang diumumkan langsung Presiden Prabowo Subianto didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/10) malam.
 
Selanjutnya Immanuel bersama 55 Wakil Menteri Kabinet Merah Putih lainnya itu akan menjalani upacara pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin pagi pukul 10:00 WIB.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Menteri-Menteri perempuan di Kabinet Merah Putih
 
Presiden Prabowo Subianto telah mengumumkan tujuh menteri koordinator (menko), 41 menteri, dan lima pejabat setingkat menteri yang masuk dalam Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).
 
Dari deretan nama-nama menteri tersebut ada lima menteri perempuan yang menjadi harapan baru keterwakilan perempuan sebagai penentu kebijakan di Tanah Air.
 
Pada masa pemerintahan sebelum Prabowo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tercatat memiliki menteri perempuan terbanyak dalam kabinet kerja yang dipimpinnya jika dibandingkan dengan Presiden-Presiden RI yang lain. Ada sembilan menteri perempuan pada masa Pemerintahan Jokowi.
 
Selengkapnya baca di sini

 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024