Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi pada Senin (21/10), dari pelantikan wakil menteri sampai pembentukan dua komisi baru DPR.

Presiden Prabowo lantik 55 wakil menteri

Presiden Prabowo Subianto melantik 55 wakil menteri Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Di antara mereka yang dilantik adalah mantan atlet nasional bulu tangkis Taufik Hidayat sebagai Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga.

Selengkapnya baca di sini.

Luhut diangkat jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional

Di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, Presiden Prabowo juga mengangkat Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional.

Pada pemerintahan sebelumnya, Luhut menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (2019-2024) dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (2015-2016).

Selengkapnya baca di sini.

Mayor Teddy dilantik sebagai Sekretaris Kabinet

Presiden Prabowo melantik Mayor Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretaris Kabinet untuk periode 2024-2029 di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin.

Pelantikan pria berusia 35 tahun ini dilakukan bersamaan dengan pelantikan 55 wakil menteri.

Selengkapnya baca di sini.

Puan sebut ada pembicaraan Megawati-Budi Gunawan soal kabinet

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan ada pembicaraan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan sebelum mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu masuk ke dalam Kabinet Merah Putih.

“Ya, pasti ada pembicaraan," kata Puan di Jakarta pada Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Jumlah komisi di DPR bertambah dua

Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut dua komisi baru dalam struktur organisasi DPR periode 2024-2029: Komisi XII untuk bidang energi dan sumber daya mineral (ESDM) dan Komisi XIII untuk bidang hukum, reformasi, dan hak asasi manusia.

Dia mengatakan pembagian bidang kerja kedua komisi baru tersebut telah dirampungkan dalam rapat konsultasi pimpinan DPR dengan pimpinan fraksi-fraksi pada Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Baca juga: Pengamat: Komposisi kabinet jaga stabilisasi kepemimpinan Prabowo
Baca juga: Menteri Hukum sebut perpres transisi selesai paling lambat besok

 

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024