Jakarta (ANTARA) - Afrika Selatan menyampaikan optimisme bahwa hubungan negara itu dengan pemerintahan baru Indonesia akan semakin kokoh menyusul pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Optimisme tersebut disampaikan oleh Diedra Baartman, Menteri Keuangan Western Cape, setingkat Kepala Dinas Keuangan Tingkat Provinsi, dalam sebuah perayaan Garden Day di Wisma Gubernur di Cape Town, Afrika Selatan, pada Minggu, sebagaimana rilis pers yang diperoleh ANTARA pada Senin (21/10).

Dalam perayaan Garden Day yang mengundang KJRI Cape Town, Konjen RI Tudiono menyampaikan bahwa perayaan yang diselenggarakan pada 20 Oktober 2024 itu bertepatan dengan pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI dalam Sidang Paripurna MPR RI.

Menteri Baartman kemudian menyampaikan selamat atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden baru Indonesia. "Selamat atas pelantikan Bapak Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI," katanya.

Baartman percaya bahwa hubungan kerja sama yang telah terjalin baik di antara kedua negara akan semakin kokoh di masa yang akan datang.

Menteri Baartman juga menyampaikan keinginan untuk dapat berkunjung ke Ibu Kota Nusantara, yang dikonsepkan sebagai smart city yang ramah lingkungan dengan penataan taman yang indah.

Baartman sendiri menggemari taman yang indah, dan dalam resepsi diplomatik memperingati HUT RI ke-79 dan 30 tahun hubungan diplomatik RI-Afsel pada 10 Oktober 2024 di KJRI Cape Town, Baartman memuji penataan taman di halaman KJRI yang ditanami beragam tanaman dan bunga.

Pemerintah dan masyarakat Afsel, kata Tudiono, memberikan perhatian khusus terhadap isu pertamanan. Untuk itu, mereka merayakan Garden Day pada setiap 20 Oktober untuk mengapresiasi warga Afsel yang gemar merawat tanaman dan melestarikan lingkungan hidup.

Rupanya isu pertamanan atau yang terkait dengan lingkungan hidup, dalam kerangka diplomasi, atau yang dikenal sebagai "garden diplomacy," menurut Tudiono, menjadi instrumen diplomasi yang baik untuk menjalin, memperluas dan memperdalam hubungan dengan negara mitra.

Sementara itu, setelah berkeliling di area taman dan berdiskusi tentang taman dan hubungan Indonesia-Afsel selama perayaan Garden Day, Konjen RI selanjutnya mengundang Menteri Baartman untuk berkunjung ke Wisma Konjen RI untuk menikmati sajian aneka kuliner khas Indonesia.

Undangan tersebut lantas ditanggapi secara positif dengan mencari jadwal yang tepat untuk kunjungan selanjutnya tersebut.

Baca juga: KJRI Cape Town pererat hubungan Indonesia-Afsel lewat Festival Keramat
Baca juga: Indonesia, Afsel garap film jelang Festival Film di Cape Town

Pewarta: Katriana
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024