Jakarta (ANTARA) - Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti mengatakan bahwa ia menginginkan penyerang Kylian Mbappe berfokus pada mencetak gol ketimbang menekan lawan untuk membantu tim.

Juara Eropa dan Spanyol itu belum mencapai puncak penampilannya musim ini. Mereka juga masih berusaha mencari formula terbaik untuk memaksimalkan kemampuan mantan bintang PSG Mbappe yang didatangkan pada musim panas silam.

Real kalah 0-1 di markas Lille pada pertandingan Liga Champions mereka sebelumnya, dan akan menjamu Borussia Dortmund pada Selasa (22/10) pada laga yang merupakan ulangan final Liga Champions musim lalu.

“Saya lebih memilih ia (Mbappe) mencetak gol demi gol ketimbang menekan (lawan). Posisi penyerang tengah di tim kami tidak berubah. Saya meminta dia sebagaimana permintaan saya kepada Karim (Benzema),” kata Ancelotti pada jumpa pers seperti dikutip dari AFP.

Baca juga: Gol Mbappe dan Vinicius Jr menangkan Real Madrid atas Celta Vigo

“Untuk berada di posisi yang baik dan untuk siap setiap saat kami mendapatkan bola untuk melakukan transisi cepat,” tambahnya.

Mbappe baru mencetak delapan gol dari 12 pertandingan untuk Real di semua kompetisi musim ini. Jumlah itu masih kalah dari koleksi gol penyerang Barcelona Robert Lewandowski yang telah menyumbang 14 gol dari 12 penampilannya.

Sang penyerang juga sempat dihujani kritik di kampung halamannya karena tidak membela Prancis pada pertandingan-pertandingan Nations League terakhir, setelah ia pulih dari cedera paha.

Media Swedia melaporkan bahwa Mbappe tengah diinvestigasi atas dugaan pemerkosaan di Stockholm, saat sang pemain melakukan perjalanan ke sana ketika jeda internasional berlangsung. Mbappe menyebut berita-berita itu sebagai berita bohong.

Baca juga: Ancelotti: Mbappe dalam kondisi bahagia meski diterpa isu pemerkosaan

Salah satu dampak dari kehadiran Mbappe di Real adalah Jude Bellingham kini harus bermain lebih bertahan. Padahal Bellingham merupakan kunci serangan Los Blancos pada musim lalu.

Mantan gelandang Borussia Dortmund itu belum menyumbang gol untuk klubnya musim ini setelah memainkan sembilan pertandingan. Bellingham mengoleksi 10 gol dari 10 penampilan perdananya pada tahun lalu.

“Kami puas dengan pekerjaannya… Karena ia bekerja keras di lapangan, ia selalu berada di sana, ia berjuang, bertarung, mengorbankan diri,” tutur Ancelotti.

“Benar bahwa ia belum mencetak gol sebagaimana yang ia lakukan tahun lalu, tetapi kejutannya bukan terjadi tahun ini, melainkan tahun lalu, ia mencetak begitu banyak gol yang tidak diduga semua orang,” tambahnya.

“Kami selalu mencetak gol demi gol dan kami akan selalu mencetak gol, kami memiliki pemain-pemain dengan talenta luar biasa di lini depan… Maka bagi kami untuk saat ini, pekerjaan yang ia lakukan semakin penting bagi kami,” pungkas pria asal Italia itu.

Baca juga: Klasemen Liga Spanyol: Barca pertahankan keunggulan 3 poin dari Madrid
Baca juga: Ancelotti tepis kabar Bellingham bertengkar dengan Vinicius


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024