Jakarta (ANTARA) - Presiden President Asia Council for Small Business (ACSB) Indonesia Peng Suyoto mengungkapkan bahwa Indonesia membutuhkan rasio 12-13 persen pelaku usaha atau wirausaha apabila ingin menjadi negara maju.

Karena itu, kata dia di Jakarta, Senin, penting untuk memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada saat ini.

"Kualitas UMKM saat ini masih jauh dibanding negara maju sehingga penting untuk memberdayakan mereka agar mampu bersaing di tingkat global," kata Peng terkait dengan hasil munas organisasi yang diselenggarakan di Markplus Institute.

Data terakhir Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan rasio wirausaha di Indonesia baru mencapai 3,47 persen.

Baca juga: BPS imbau UMKM selalu berpegang pada data antisipasi bisnis melambat

Terkait hal itu, ACSB Indonesia akan menyiapkan program secara akademisi melibatkan kerja sama dengan pemerintahan dan swasta melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social 
Responsibility (CSR) untuk membantu UMKM.

Kolaborasi yang dikembangkan, menurut Peng, melibatkan Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pariwisata.

"Ini semua perlu berkolaborasi, dengan membuat program agar tidak berjalan masing-masing sehingga kita perlu sesuatu yang bisa dilaksanakan secara masif," katanya

Beberapa hal yang akan dilaksanakan seperti konferensi akademi yang digelar secara regular dengan pelaksanaan setiap bulan atau minimal setiap tiga bulan sekali.

Baca juga: Jaksel bidik lima lokasi di setiap kecamatan untuk bazar UMKM

Sebagai pendiri, sekaligus presiden pertama dari ACSB Indonesia Hermawan Kartajaya
​​​​​​​menyampaikan tidak mudah dalam berusaha pada dua tahun lalu di masa COVID-19 saat hampir seluruh sektor di Indonesia mengalami tantangan, khususnya UMKM.

Dalam waktu dekat, pada 5-9 November 2024 ACSB Indonesia, sebagai perwakilan dari Indonesia, akan mengikuti pertemuan Asia for Small Business Federation (ASBF) yang diselenggarakan di Manila bersama dengan anggota Federasi lainnya.

ASBF sebagai organisasi regional tingkat Asia, memiliki 13 anggota termasuk China, Jepang, Filipina, Thailand dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan itu, ASBF direncanakan untuk bertemu dengan Asian Development Bank (ADB) untuk bersama menguatkan UMKM di Asia. ACSB Indonesia berkomitmen untuk menjalankan hasil dari pertemuan ASBF dan ADB tersebut dalam rangka penguatan UMKM di Indonesia.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024