Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Barat meminta warga memaksimalkan fasilitas perpustakaan keliling di wilayah tersebut.

"Sudin Pusip Jakbar itu ​​​ada 14 armada perpus keliling. Nah itu kita lokasinya beda-beda tiap hari, kita ke sekolah, titik keramaian warga," kata Kasudin Pusip Jakarta Barat (Jakbar) Ahmad Jazuri saat dihubungi di Jakarta pada Senin.

Perpustakaan keliling (pusling) tersebut bisa dimanfaatkan warga dan banyak bacaan-bacaan menarik.

Ahmad menyebutkan bahwa jadwal perpustakaan keliling di Jakbar saat ini bisa dilihat melalui aplikasi Jaklitera atau laman perpustakaan.jakarta.go.id. "Di situ jadwal dan lokasi pusling kita ada. Itu beda-beda tiap hari," katanya

Menurut Ahmad, warga yang ingin mencari dan meminta buku dengan judul tertentu bisa dilakukan melalui aplikasi atau situs tersebut.

"Jadi nanti bakal ditunjukkan sama situs, buku ini bisa dicari di perpustakaan ini, buku itu di perpustakaan itu. Langsung dipinjam lewat situ saja," tutur Ahmad.

Baca juga: Sudin Pusip Jakbar targetkan lima perpus RPTRA terakreditasi pada 2025
Baca juga: Sudin Pusip Jakbar targetkan 10 perpustakaan RPTRA terakreditasi


Biasanya, kata Ahmad, pusling Sudin Pusip Jakbar akan mengunjungi sekolah-sekolah dan titik keramaian masyarakat. "Misalnya setiap kecamatan itu ada masjid besar. Kita biasanya mangkal di situ," kata dia.

Secara teknis, pusling Sudin Pusip Jakbar juga melayani permintaan pihak sekolah.

"Satu perpustakaan keliling itu rata-rata membawa 300 judul buku dan beroperasi 08.30-14.30 WIB. Sekitar pukul 12.00 WIB, pusling pindah ke taman-taman, lalu pukul 14.30 kembali ke Kantor Pusip Jakbar," katanya.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024