tanggung jawab kami sebagai aparat negara untuk hadir di tengah masyarakat dalam situasi apa pun
Palangka Raya (ANTARA) - Personel Kompi 2 Batalyon C Pelopor Satuan Brimob (Satbrimob) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) dikerahkan untuk melaksanakan berbagai kegiatan penanggulangan bencana seperti mengevakuasi korban banjir yang terjadi di Kabupaten Murung Raya.

Komandan Satuan (Dansat Brimob) Polda Kalteng, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, di Palangka Raya, Senin, mengatakan bahwa kegiatan penanggulangan bencana ini merupakan salah satu wujud nyata dari tugas dan tanggung jawab Polri dalam melayani masyarakat, khususnya dalam menghadapi situasi darurat seperti bencana alam.

"Dengan pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Murung Raya dapat segera bangkit dan kembali menjalani kehidupan sehari-hari dengan normal," kata Nugroho.

Dia menuturkan, apa yang dilakukan personelnya itu adalah sebagai respons cepat terhadap banjir yang melanda Kabupaten Murung Raya, mereka terlibat langsung dalam proses evakuasi warga serta penyaluran bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

Sebanyak 10 personel dari Kompi 2 Batalyon C Pelopor yang dipimpin langsung oleh Wakil Komandan Kompi (Wadanki) 2, Ipda Jensen, turut serta dalam operasi kemanusiaan ini.

"Dengan dukungan satu unit truk Isuzu Elf dan dua buah tandu, mereka bergerak cepat dalam memberikan bantuan," ucapnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng siapkan dapur umum & tim kesehatan bantu korban banjir
Baca juga: BNPB cepat tangani banjir yang rendam 32 desa di Kalteng


Sementara itu Wadanki 2 Batalyon C Pelopor, Ipda Jensen, juga menambahkan bahwa seluruh personel yang terlibat dalam operasi ini telah menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi dan profesionalisme.

"Kami berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang terkena dampak banjir, mulai dari evakuasi, penyaluran bantuan, hingga pelayanan kesehatan. Semoga bantuan yang kami berikan dapat meringankan beban mereka di tengah musibah ini," kata Ipda Jensen.

Ia juga menegaskan, bahwa kegiatan ini akan terus berlanjut selama masih ada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

"Kami siap siaga dan akan terus bersinergi dengan instansi terkait untuk memastikan keselamatan serta kesejahteraan warga terdampak. Ini adalah tanggung jawab kami sebagai aparat negara untuk hadir di tengah masyarakat dalam situasi apa pun," demikian Ipda Jansen.

Baca juga: Satuan Brimob turunkan 30 personel atasi dampak banjir Serdang Bedagai
Baca juga: Polda Sumsel terjunkan Brimob tanggulangi dampak banjir bandang Lahat
Baca juga: Brimob salurkan 5.000 paket sembako untuk korban bencana di Jateng

 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024