Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta melibatkan masyarakat untuk mengajukan pertanyaan pada saat debat kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta pada 27 Oktober 2024.
 
"Saat debat kedua segmen-segmennya masih sama. Hanya saja mungkin ada sedikit yang berbeda, yaitu kita melibatkan partisipasi masyarakat," kata Kepala Divisi Data dan Informasi KPU DKI Jakarta Fahmi Zikrillah di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin.
 
Secara teknis, KPU DKI Jakarta memberikan kesempatan pada satu segmen debat bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada pasangan calon (paslon) gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta.
 
"Tetap enam segmen, tidak ada yang berbeda. Tapi ada pertanyaan yang akan digali dari masyarakat langsung," ujar Fahmi.

Baca juga: Jaktim tindak tegas ASN tidak netral di Pilkada Jakarta 
 
Pihak penyelenggara debat akan melakukan diskusi kelompok terarah (Focus Group Discussion/FGD) terlebih dahulu dengan mengundang perwakilan dari komunitas-komunitas masyarakat terkait dengan tema yang diangkat.
 
"Teknisnya sedang kami matangkan dengan anggota maupun tim panelis. Lalu akan dilakukan FGD, pertanyaan-pertanyaan mana yang mungkin nanti merepresentasikan kebutuhan ataupun kepentingan dari masyarakat," katanya.
 
KPU DKI Jakarta menetapkan "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial" sebagai tema debat kedua calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta pada 27 Oktober 2024.
 
Pada tema debat ini nantinya setiap sesi sudah dirumuskan oleh tim perumus yang merupakan ahli atau pakar di bidangnya.

Baca juga: Bawaslu Jakbar rekrut PTPS untuk Pilkada DKI Jakarta
 
Debat calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) DKI Jakarta dijadwalkan berlangsung di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara, pukul 19.00 WIB.
 
Debat diikuti paslon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).
 
KPU DKI Jakarta menjadwalkan debat tahap ketiga pada 17 November 2024 atau 10 menjelang hari pemungutan suara 27 November 2024.
Baca juga: DKI berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu terkait persiapan Pilkada

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024