Jakarta (ANTARA) - Rini Widyantini diberikan kepercayaan oleh Presiden Prabowo Subianto untuk menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam Kabinet Merah Putih.

Nama Rini diumumkan Presiden Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Minggu (20/10) kemudian dilantik keesokannya di tempat yang sama.

Profil Menteri PANRB, Rini Widyantini

Rini Widyantini, S.H., M.P.M. adalah seorang birokrat Indonesia yang lahir pada 29 Mei 1965 di Bandung, Jawa Barat. Saat ini ia dipercaya menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Sebelumnya, Rini telah menempati posisi penting sebagai Sekretaris Kementerian PANRB sejak tahun 2022, mencerminkan dedikasi dan pengabdiannya di kementerian ini sejak 1997.

Rini mengawali pendidikan dasarnya di SD Tikukur IV Bandung, dan lulus pada tahun 1976. Ia melanjutkan pendidikannya ke SMP dan SMA Santa Angela Bandung, masing-masing lulus pada 1980 dan 1983.

Setelah itu, ia meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Padjadjaran pada tahun 1988, dan selanjutnya mendapatkan gelar Master of Public Management dari Universitas Flinders, Australia, di tahun 1999.

Karier Rini di dunia birokrasi dimulai pada 2 Juli 1997 sebagai Analis Kebijakan pada Asisten Deputi Urusan Pelaksanaan Kebijakan Kementerian PANRB. Ia dengan cepat naik pangkat dan pada 2 Desember 2000 diangkat sebagai Kepala Sub-bidang Penyusunan Kebijakan Kelembagaan Non Departemen.

Tidak lama kemudian, pada 14 Mei 2001, ia dipromosikan menjadi Kepala Bidang Penyusunan Kebijakan Kelembagaan Non Departemen dan kemudian pada 25 Januari 2002 menjabat sebagai Kepala Bidang Desain Kelembagaan Non Departemen.

Kecemerlangannya dalam birokrasi terus berlanjut, dan pada 6 Mei 2008, ia diangkat menjadi Asisten Deputi Kelembagaan Perekonomian. Setahun kemudian, ia dipromosikan menjadi Asisten Deputi Kelembagaan Perekonomian I.

Pada 2010, Rini menjabat sebagai Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Kelembagaan. Lalu, pada 2011, Rini mendapatkan tugas baru sebagai Staf Ahli Menteri PANRB Bidang Hukum.

Kariernya semakin menanjak ketika ia diangkat sebagai Deputi Bidang Kelembagaan pada 2012, dan Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana pada 2013.

Pada 3 Januari 2022, Rini ditunjuk menjadi Sekretaris Kementerian PANRB, posisi yang ia emban sebelum akhirnya diangkat sebagai Menteri PANRB pada 2024.

Selain kiprah-nya di kementerian, Rini juga menjabat sebagai Komisaris PT Pegadaian sejak 9 Januari 2020, menunjukkan bahwa peran strategisnya tidak hanya terbatas di lingkup pemerintahan, namun juga di dunia profesional.

Baca juga: Menteri-Menteri perempuan di Kabinet Merah Putih

Baca juga: Rini Widyantini, Menteri PANRB yang mengawali karier dari PNS

Baca juga: Kementerian PANRB gelar Survei-Evaluasi Budaya Kerja ASN 2024


 

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024