Besok biar pimpinan fraksi masing-masing, dan di Paripurna kami mengumumkan
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa komposisi kementerian dan lembaga yang akan menjadi mitra kerja alat kelengkapan dewan (AKD) DPR RI akan ditetapkan dalam Rapat Paripurna yang digelar Selasa (22/10).

"Setelah kemarin diumumkan Kabinet Merah Putih dari Presiden Prabowo, tentu saja kami selesaikan mitra dari setiap komisi dan AKD untuk kemudian nantinya kami tetapkan besok di Rapat Paripurna yang akan dilakukan pada hari Selasa," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan penyusunan komposisi mitra kerja dan AKD di DPR RI tersebut telah dirampungkan dalam rapat konsultasi pengganti rapat Badan Musyawarah (Bamus) antara pimpinan DPR RI dan seluruh fraksi di parlemen pada hari ini, Senin.

Rapat tersebut, kata dia, telah menyepakati pula susunan pimpinan AKD di DPR RI yang juga akan diumumkan pada Rapat Paripurna pada Selasa (22/10) besok hari.

"Menetapkan; Pertama, jumlah komisi dan AKD; kemudian jumlah pimpinan komisi-komisi dari semua fraksi yang ada," ucapnya.

Baca juga: Waka DPR sebut mitra kerja AKD mulai disusun Senin

Baca juga: Puan: Penetapan pimpinan AKD dilaksanakan usai pelantikan menteri


Dia menyebut nantinya yang akan mengumumkan pimpinan AKD DPR RI ialah masing-masing pimpinan fraksi di DPR RI.

"Besok biar pimpinan fraksi masing-masing, dan di Paripurna kami mengumumkan," tuturnya.

Terkait efektivitas jumlah nomenklatur kementerian yang bertambah sehingga berimbas pula dengan bertambahnya jumlah komisi di DPR RI, dia menyebut pihaknya akan melihat dulu bagaimana Kabinet Merah Putih bekerja sebab baru saja diumumkan Presiden Prabowo Subianto pada Minggu (20/10) malam.

"Kami dukung dulu bagaimana, kami lihat dulu bagaimana nantinya karena kami lihat seperti apa dengan adanya penambahan kementerian dan badan-badan ini," tutur dia.

Sebelumnya, Presiden RI Prabowo Subianto mengumumkan susunan kabinetnya bernama Kabinet Merah Putih berikut sejumlah nama-nama menteri yang berada dalam kabinet pemerintahannya, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10) malam.

Kabinet tersebut terdiri dari 48 menteri, 5 pejabat setingkat menteri, dan 56 wakil menteri yang datang dari beragam latar belakang. Mulai dari, politisi, akademisi, pengusaha, tokoh agama, hingga purnawirawan.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024