Jakarta (ANTARA) - Presiden Prabowo Subianto resmi melantik Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Ferry Joko Juliantono sebagai Wakil Menteri Koperasi dalam Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Ferry juga pernah menjabat sebagai Ketua Dekopin Wilayah DKI Jakarta, Sekretaris Dewan Pembina Induk Koperasi Unit Desa (KUD), Ketua Umum Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas), serta Wakil Direktur Pelaksana Induk Koperasi Tani Nelayan (Inkoptan).

Sebagai apresiasi atas kiprahnya dalam dunia koperasi, ia pun termasuk salah satu tokoh yang diulas dalam buku “Apa dan Siapa 100 Orang Koperasi Indonesia”.

Ia dinilai telah banyak berkontribusi dalam memperkuat koperasi dan ekonomi kerakyatan, salah satunya dengan membangkitkan Induk KUD sebagai koperasi milik para petani.

Baca juga: Budi Arie dan Ferry Juliantono ditugasi urus koperasi oleh Prabowo

Pria yang lahir pada di Jakarta pada 27 Juli 1967 tersebut juga banyak terlibat dalam organisasi petani, nelayan, buruh, dan agraria. Ia pun tercatat pernah menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Tani Indonesia (DTI).

Rekam jejaknya di dunia ekonomi kerakyatan tidak lepas dari latar belakang pendidikannya di bidang ekonomi dan bisnis.

Suami dari Sita Komaladewi tersebut lulus dari pendidikan S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran (Unpad) pada 1993.

Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Program Pasca Sarjana Jurusan Studi Hubungan Internasional Kekhususan Ekonomi Politik Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) dan lulus pada 2006.

Sementara karier politiknya dimulai saat ia bergabung dengan Partai Demokrat pada 2010. Ia kemudian menjadi kader Partai Gerindra dan kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Massa DPP Partai Gerindra.

Ferry sebelumnya dipanggil menemui Prabowo di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10).

Baca juga: Profil Ferry Juliantono, pegiat koperasi calon kabinet Prabowo

Usai pertemuan tersebut, ia mengatakan diminta untuk meningkatkan kinerja badan usaha koperasi di Indonesia. Meski demikian, ia mengaku belum tahu pasti mengenai posisi yang akan diembannya di kabinet mendatang.

"Saya mungkin membantu di kementerian koperasi. Tunggu perintah saja,” ujar Ferry.
 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024