Masyarakat Indonesia pun menantikan gebrakan nyata dari Srikandi Kementerian Pariwisata dalam memajukan sektor itu.
Jakarta (ANTARA) - Nama Ni Luh Enik Ermawati atau yang dikenal Ni Luh Puspa telah resmi ditunjuk Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto sebagai Wakil Menteri Pariwisata (Wamenpar) periode 2024-2029 mendampingi Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana.

Seperti diketahui, Ni Luh Puspa kerap menghiasi layar kaca dan dikenal sebagai salah satu presenter di stasiun televisi. Kehadirannya dalam pembekalan tugas calon wakil menteri kabinet Prabowo-Gibran pada Kamis (17/10), di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, sempat mengejutkan, pasalnya Ni Luh mengakui bahwa kehadirannya memang terbilang mendadak.

Siapa sangka, jurnalis televisi kelahiran Singaraja, Bali pada 1986 ini, rupanya sempat tinggal di Sulawesi Barat, tepatnya di Mamuju saat berusia 3 bulan.

Srikandi baru di sektor pariwisata ini lantas kembali ke Pulau Dewata saat berusia 7 tahun. Dari sisi pendidikan, Ni Luh Puspa menyelesaikan studi di STIE Nobel Indonesia Makassar pada 2016.

Sementara soal perjalanan karier, pada 2010 ia pernah menjajal peruntungan sebagai penyiar radio lokal di Makassar. Pada 2012, ia pun berkecimpung dalam dunia pertelevisian dan bergabung dengan stasiun televisi lokal Makassar.

Dengan berbekal kemampuan dan pengalaman yang ia miliki, langkah tegas itu pun membawanya menjadi jurnalis Kompas TV.

Putri pertama dari tiga bersaudara ini pun kini mantap melangkahkan kaki sebagai Wamenpar dan menghadapi berbagai tantangan dalam memajukan sektor pariwisata Indonesia, di antaranya soal capaian kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, infrastruktur pariwisata, konektivitas menuju destinasi wisata hingga pengembangan SDM sektor pariwisata.

Masyarakat Indonesia pun menantikan gebrakan nyata dari Srikandi Kementerian Pariwisata dalam memajukan sektor itu.
Baca juga: Presenter TV Ni Luh Puspa ikut pembekalan calon wamen Prabowo-Gibran

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024