Jakarta (ANTARA) - Dody Hanggodo resmi menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum (PU) dalam Kabinet Merah Putih yang dipimpin oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Pengumuman tersebut disampaikan secara resmi oleh Prabowo pada Minggu (20/10).

Pengumuman ini mengakhiri spekulasi terkait nama Dody Hanggodo, yang sebelumnya mencuat pada Senin (14/10), setelah 49 tokoh termasuk Dody diketahui menyambangi kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, pada pagi ini, Presiden Prabowo Subianto secara resmi melantik para jajaran Menteri yang akan membantunya dalam Kabinet Merah Putih. Pelantikan tersebut diselenggarakan di Istana Kepresidenan pada Senin (21/10).

Dengan dilantiknya Dody sebagai Menteri Pekerjaan Umum, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalami perubahan nomenklatur, terbagi menjadi dua kementerian, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum serta Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Lalu, siapa sebenarnya profil dan latar belakang Dody Hanggodo yang kini menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum di era Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka? Berikut adalah rangkuman informasi lengkapnya.

Profil dan latar belakang Dody Hanggodo

Informasi terkait profil, latar belakang, pendidikan dan kelahiran Dody Hanggodo belum terungkap secara jelas. Meski begitu, ia dikenal sebagai pengusaha yang sering menjadi perbincangan. Dody, yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur, merupakan sosok baru di jajaran menteri dan kepala badan di Indonesia.

Dikabarkan, Dody Hanggodo pernah menjabat sebagai Komisaris PT Pradiksi Gunatama Tbk pada tahun 2017 dan 2018, serta sebagai Komisaris PT Senabangun Anekapertiwi pada tahun 2019 dan 2020.

Dapat diketahui, PT Pradiksi Gunatama Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, berlokasi di Batu Engau, Provinsi Kalimantan Timur. Sementara itu, PT Senabangun Anekapertiwi merupakan perusahaan afiliasi atau entitas anak dari PT Pradiksi Gunatama Tbk.

Dody Hanggodo diketahui merupakan seorang ayah dari Aushaf Fajr Herdiansyah, politikus Partai Gerindra yang kini maju sebagai calon wakil bupati Nganjuk dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada Nganjuk 2024.

Keluarga Dody Hanggodo dan Aushaf Fajr Herdiansyah terungkap melalui unggahan Instagram @mas.aushaffajr, di mana Aushaf menyebutkan bahwa ia menemani orangtuanya menghadiri Ujian Doktor Terbuka Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Universitas Airlangga, Surabaya.

Selain itu, setelah Dody diumumkan sebagai Menteri Pekerjaan Umum, Aushaf juga menyampaikan ucapan selamat kepada sang ayah atas jabatan barunya melalui unggahan di akun Instagram pribadinya.

Kendati demikian, sebagai Menteri Pekerjaan Umum, Dody akan menghadapi tantangan besar, seperti percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah, peningkatan kualitas jalan dan jembatan, serta pengelolaan sumber daya air untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia.

Baca juga: Dody Hanggodo terpilih sebagai Menteri Pekerjaan Umum

Baca juga: Profil Yuliot Tanjung, sosok yang kembali dampingi Bahlil di ESDM

Baca juga: Profil Fahri Hamzah, Wamen Perumahan dan Permukiman pilihan Prabowo

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024