"Untuk debat nanti malam keluarga saya selalu memberikan dukungan penuh dan mengirimkan doa terbaik. Saya yakin semuanya lancar,"
Malang Raya (ANTARA) - Calon Wali Kota Batu, Jawa Timur Krisdayanti mengakui dukungan keluarga mampu meningkatkan rasa percaya dirinya menyongsong perhelatan debat publik pada pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat yang diselenggarakan, Senin.

"Untuk debat nanti malam keluarga saya selalu memberikan dukungan penuh dan mengirimkan doa terbaik. Saya yakin semuanya lancar," kata KD sapaan akrab Krisdayanti.

Diva Tanah Air ini tak memungkiri meski punya pengalaman puluhan tahun tampil di panggung musik dan menduduki kursi legislator DPR RI, debat publik Pilkada 2024 menghadirkan tantangan tersendiri bagi dirinya.

Sebab, sorotan publik Kota Batu akan langsung tertuju pada dirinya sebagai calon kepala daerah.

Baca juga: Krisdayanti-Kresna daftar Pilkada Kota Batu pada hari kedua

Tentunya, kata dia, masyarakat akan mencermati setiap pemaparan program hingga solusi terhadap permasalahan yang dikemas dalam tema debat perdana malam nanti.

Oleh karena itu, kata dia dukungan dari keluarga, disebutnya sangat penting untuk bisa tampil maksimal.

"Alhamdulillah kalau seorang istri sudah dapat ridho suami, langkahnya akan jauh lebih baik untuk turun ke lapangan. Mama saya juga senang mendukung, karena merasa kembali ke Batu seperti kembali ke masa kecil," ujarnya.

Selain itu, Krisdayanti menyatakan rutin berkomunikasi dengan calon Wakil Wali Kota Batu Kresna Dewanata Phrosakh yang menjadi pasangannya di Pilkada 2024 dan tim pemenangan untuk memperkuat performa dan pendalaman materi debat.

Tema pembahasan di dalam debat publik pertama untuk tiga pasangan calon Pilkada 2024, yakni lingkungan, agraria, dan pariwisata.

"Saya banyak diskusi dan coaching dipandu tim ahli dari Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang tentang tema debat," ujarnya.

Krisdayanti berharap seluruh simpatisan dari partai pengusung dan relawan yang hadir di lokasi penyelenggaraan debat bisa menjaga ketertiban dan mematuhi aturan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, demi kelancaran jalannya acara.

"Jadi 50 orang yang hadir sudah didata dengan detail siapa saja dan pakai id card. Pendukung kami merupakan warga negara yang menjunjung tinggi demokrasi," tuturnya.

Pilkada Kota Batu 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Nurochman-Heli Suyanto nomor urut 1, Firhando Gumelar-Rudi nomor urut 2, dan Krisdayanti-Kresna Dewanata Phrosakh nomor urut 3.

Masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Baca juga: Sempat tertunda, Krisdayanti akhirnya jalani tes kesehatan

Baca juga: Krisdayanti-Kresna diarak ratusan simpatisan saat daftar ke KPU Batu

Baca juga: Krisdayanti mantap maju jadi bakal calon Wali Kota Batu

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024