Jakarta (ANTARA) -
Punya pacar mungkin terasa susah susah gampang untuk memilikinya. Akan tetapi, ketika sudah punya pacar, menjaga hubungan bersama pacar pun perlu dilakukan agar selalu langgeng dan damai.
 
Menjaga hubungan dengan pacar menjadi hal penting, seperti bagaimana menjaga keharmonisan, kebahagiaan, dan kedekatan dalam hubungan agar tetap langgeng.
 
Terkadang, seiring berjalannya waktu, hubungan bisa mengalami berbagai masalah, baik itu karena kesibukan masing-masing, perbedaan pendapat, bosan, atau hal-hal lain yang muncul dalam kehidupan sehari-hari.
 
Oleh karena itu, menjaga hubungan yang baik dengan pacar memerlukan usaha dari kedua belah pihak. Lantas, bagaimana caranya? Berikut 8 cara untuk mempertahankan hubungan dengan pacar agar tetap langgeng dan bahagia.
1. Menjaga komunikasi yang terbuka dan jujur

Salah satu hal terpenting dalam hubungan adalah komunikasi. Jika Anda ingin hubungan dengan pacar tetap baik, sangat penting untuk selalu menjalin komunikasi, terbuka, dan jujur satu sama lain.
 
Jangan membiarkan masalah kecil tidak diselesaikan tanpa adanya komunikasi. Jika ada sesuatu yang mengganjal, ungkapkan perasaan Anda dengan cara yang baik dan tenang.
 
Dengan melakukan hal tersebut, hubungan dengan pacar dapat terjalin dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman serta memperkuat rasa kepercayaan satu sama lain.
 
2. Luangkan waktu bersama atau quality time dengan pacar

Meskipun Anda dan pacar mungkin sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lain, pastikan untuk tetap meluangkan waktu untuk bertemu bersama.
 
Tidak harus selalu melakukan perjalanan jauh, waktu bersama sang pacar juga bisa diisi dengan kegiatan sederhana seperti duduk di cafe, menonton film, atau sekadar berjalan-jalan santai sambil bercerita atau berdiskusi suatu hal.
 
Tentunya momen bersama tersebut bisa menjadi hal menyenangkan, romantisasi hubungan bersama sang pacar, dan menghilangkan rasa jenuh.
 
Ketika sedang bersama, hargailah waktu berharga tersebut yang mungkin tidak bisa dilakukan setiap hari. Usahakan untuk fokus untuk bersama sang pacar dan cobalah untuk tidak bermain handphone atau aktivitas lain yang mengabaikan pacar Anda.
 
3. Selalu memberikan dukungan

Dalam setiap hubungan, pasangan Anda memungkinkan akan menghadapi masa-masa sulit. Mulai dari hal terkait pekerjaan, masalah pribadi, atau bahkan mengalami pikiran stres yang melanda.
 
Pada saat-saat inilah peran Anda sebagai pacar sangat penting. Cobalah untuk memberikan dukungan yang mereka butuhkan, seperti mendengarkan keluh kesah mereka, memberikan kata-kata penyemangat yang penuh kasih sayang, atau sekedar berada di samping mereka.
4. Hindari rasa bosan dengan sang pacar

Semakin lama menjalani hubungan asmara, memungkinkan untuk merasa bosan atau jenuh dengan sang pacar. Hal ini dapat memicu konflik atau perpecahan dengan pasangan, seperti sering berantem, mempermasalahkan hal kecil jadi besar, tidak merasa disayang lagi, hingga perselingkuhan.
 
Jika Anda merasa bosan dengan sang pacar, cobalah untuk mengendalikan perasaan Anda dan bicarakan baik-baik bersama pasangan. Dengan komunikasi yang baik, dapat mengetahui penyebab rasa bosan, menemukan solusi agar hubungan kembali terasa romantis, dan belajar untuk menghargai pasangan Anda.
 
5. Jangan biarkan kecemburuan menguasai

Kecemburuan adalah hal yang wajar terjadi dalam hubungan artinya pacar Anda mempunyai perasaan sayang yang dalam. Akan tetapi, jika dibiarkan berlebihan, hal ini bisa menjadi keretakan hubungan. Sehingga, sangat penting untuk menjaga rasa saling percaya satu sama lain.
 
Jika ada sesuatu yang membuat Anda merasa cemburu, bicarakan dan bertanya dengan pasangan secara baik-baik. Dengan demikian, jangan langsung mengambil kesimpulan negatif dan memicu pertengkaran hingga bersikap kasar yang berakhir dengan perpisahan yang tidak baik.
 
Dengarkan baik-baik penjelasan sang pacar dan cobalah untuk saling mengerti. Pasangan pun juga harus saling terbuka dan jujur.
 
6. Hadapi konflik dengan dewasa

Setiap hubungan pasti akan mengalami konflik atau perbedaan pendapat. Namun, cara Anda menghadapi konflik tersebut akan menentukan apakah hubungan bisa tetap baik atau merusak.
 
Saat konflik terjadi, hindari mengeluarkan kata-kata kasar atau bersikap emosi berlebihan hingga bersikap kasar secara fisik. Cobalah untuk mendengarkan sudut pandang pasangan Anda, kemudian carilah solusi untuk menyelesaikan konflik dengan tenang.
 
Jika konflik dapat diselesaikan dengan cara dewasa, hal ini bisa memperkuat hubungan Anda dengan pasangan menjadi langgeng.
 
7. Tunjukkan apresiasi

Sering kali saat setelah lama bersama, pasangan mulai lupa untuk saling menghargai satu sama lain. Padahal apresiasi adalah hal yang sangat penting dilakukan dalam hubungan.
 
Cobalah untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai setiap hal kecil yang dilakukan pasangan, seperti dengan mengucapkan terima kasih atau dengan memberikan perhatian setiap hal yang dilakukan pacar Anda.
 
Hal-hal kecil tersebut bisa membuat pasangan merasa lebih dihargai, terlihat positif, dan membuat kebahagiaan dalam hubungan.
 
8. Usahakan untuk bersikap romantis

Banyak pasangan yang merasa setelah menjalin hubungan yang cukup lama, sikap romantis dalam hubungan mulai memudar. Bahkan, baru menjalani hubungan saja bisa lupa atau malu untuk bersikap romantis. Padahal, menjaga sikap romantis sebenarnya tidak selalu rumit.
 
Seperti memberikan kejutan, mengirim pesan romantis, atau membuat momen spesial bisa menumbuhkan rasa sayang setiap saat. Hal-hal romantis seperti ini akan membuat hubungan tetap menyenangkan dan penuh rasa kasih sayang.

Itulah 8 cara menjaga hubungan baik dengan pacar agar tetap langgeng dan selalu terasa harmonis. Keberadaan pacar sangat penting untuk dihargai dan bersikap penuh kasih sayang.

Sebelum Anda punya pacar, pastikan diri Anda sudah memahami hal-hal penting terkait menjalin hubungan asmara ya.

Baca juga: 4 tanda sudah waktunya putus dengan pacar

Baca juga: Tiga hal yang harus diingat sebelum "jadian"

Baca juga: Ciri-ciri pasangan toxic yang sebaiknya dihindari dan segera putuskan

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024