Apalagi setiap anak punya kebiasaan menu makanan yang dikonsumsi. Maka itu tugas sekolah untuk memberikan edukasi
Tangerang (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Tangerang menginstruksikan kepada sekolah untuk mengedukasi siswa terkait kandungan manfaat yang tersedia di paket menu Makan Bergizi Gratis (MBG) agar disukai.

"Sekolah bisa memberikan edukasi kepada siswa mengenai manfaat dari menu makanan yang diberikan, sehingga bisa disukai dan dimakan," kata Kabid Pendidikan Sekolah Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Tangerang Helmiati di Tangerang, Banten, Senin.

Helmiati menuturkan hal ini terkait masih ditemukan sejumlah pelajar yang ternyata belum terbiasa mengkonsumsi buah, sayur, bahkan susu.

"Ini bukan hal besar sih, karena setiap sekolah memiliki karakter siswa yang berbeda. Apalagi setiap anak punya kebiasaan menu makanan yang dikonsumsi. Maka itu tugas sekolah untuk memberikan edukasi," ujarnya.

Baca juga: Guru Besar IPB: Makan bergizi gratis turunkan prevalensi anemia siswa

Oleh karena itu Dinas Pendidikan Tangerang akan melakukan evaluasi terhadap setiap zona sekolah untuk memetakan kendala dan segera disiapkan solusinya. Apalagi MBG adalah program unggulan nasional Presiden dan Wakil Presiden Prabowo - Gibran.

“Semakin masif informasi yang diberikan dan edukasi sedari awal kepada anak-anak, harapannya semakin baik pula pemberian makan bergizi seimbang untuk anak-anak kita,” katanya.

Kepala Sekolah SDN 15 Tangerang Farida Safitri mengatakan banyak siswa antusias terhadap menu makanan yang diberikan, meski ada beberapa yang belum suka karena tidak terbiasa. "Kalau yang belum suka, kami ajarkan pelan-pelan agar suka, karena menu yang diberikan sudah dilengkapi kandungan gizi yang baik," ujarnya.

Baca juga: Pakar ingatkan "Isi Piringku" dalam pelaksanaan makan bergizi gratis

Kota Tangerang telah melaksanakan pembiasaan makan bergizi gratis sejak 12 Agustus hingga November 2024 sebagai lanjutan dari suksesnya uji coba pada 1 dan 5-9 Agustus 2024. Targetnya adalah 65 SDN dan 34 SMPN dengan total sasaran 77.422 siswa.

Hingga akhir September 2024 sebanyak 69 sekolah tingkat SDN dan SMPN telah merasakan langsung program tersebut. Sebanyak 50 ribu siswa sudah menerima manfaatkan Program MBG yang dilaksanakan oleh Pemkot Tangerang.

Sementara itu pada Oktober, MBG memasuki tahap ketiga dan menyasar 23 sekolah dengan rincian 19 SDN dan empat SMPN. Jumlah siswa yang akan menerima manfaat mencapai 10.839 siswa
 
Baca juga: Menanti implementasi "Makan Siang Bergizi Gratis" Prabowo

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024