Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka menyatakan bahwa Indonesia berkomitmen untuk mempererat kerja sama dengan China.

Pada hari pertamanya setelah dilantik, Wapres Gibran menerima kunjungan kehormatan dari Wapres China Han Zheng di Istana Wapres, Jakarta, Senin.

Dalam pertemuan tersebut, Gibran menerima ucapan selamat atas pelantikannya dari Han Zheng dan menegaskan bahwa pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan kerja sama yang sudah terjalin baik antara Indonesia dan China.

"Yang jelas, pemerintahan Bapak Prabowo akan berkomitmen melanjutkan apa yang sudah dijalankan. Terima kasih atas dukungannya, termasuk dalam pembangunan kereta cepat," ujarnya.

Baca juga: Wapres Gibran bahas penguatan hubungan kerja sama dengan PM Korsel

Wapres Han Zheng merespons positif pernyataan tersebut dan menyatakan keyakinannya bahwa hubungan kerja sama antara China dan Indonesia saat ini berada dalam posisi yang sangat baik.

"Kami juga yakin pemerintah Indonesia yang baru akan melanjutkan tradisi persahabatan antara kedua negara," kata dia.

Han Zheng juga menyampaikan bahwa setelah pertemuan antara Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Presiden Xi Jinping pada April 2024 lalu, Presiden Xi Jinping segera menindaklanjuti rencana kerja sama ke depannya dengan berbagai departemen terkait di China.

Baca juga: Presiden China Xi Jinping telepon Prabowo Subianto, ucapkan selamat

Wapres Han Zheng menyatakan optimistis hubungan baik antara China dan Indonesia tidak hanya akan menguntungkan kedua negara, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi kemakmuran regional dan internasional.

"Kerja sama ini tidak hanya menguntungkan rakyat kedua negara, tetapi juga akan berkontribusi pada kemakmuran regional maupun internasional," ujar Han Zheng.

"Terima kasih, Yang Mulia. Kita perkuat terus persahabatan ini," ucap Wapres Gibran menutup pertemuan tersebut.

Pada tahun 2025, Indonesia dan China akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Wapres Gibran dan Wapres Han Zheng juga mendorong peningkatan kerja sama ekonomi dan peningkatan kapasitas SDM antar kedua negara.

Baca juga: China-Indonesia sepakat teruskan empat "pola" hubungan bilateral
Baca juga: China ingin hubungan dengan Indonesia tumbuh secara signifikan

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024