Jakarta (ANTARA) - Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan secara luas oleh berbagai kalangan untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Penguasaan bahasa Inggris tidak hanya penting di bidang akademis, tetapi juga dalam interaksi sosial dan dunia kerja, di mana kemampuan ini sering menjadi standar dan membuka peluang yang menguntungkan.

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yakni dengan mengikuti kursus. Namun, kursus sering kali berbenturan dengan aktivitas lain atau tidak sesuai dengan anggaran. Untuk tetap bisa menguasai bahasa Inggris, banyak orang akhirnya memilih untuk belajar secara mandiri atau otodidak.

Meskipun belajar bahasa Inggris secara mandiri bisa menjadi tantangan, tetapi dengan perencanaan yang tepat, hal ini bisa dilakukan dengan efektif. Kunci keberhasilan nya adalah konsistensi dan pemanfaatan berbagai sumber yang ada.

Berikut beberapa tips mudah yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda secara mandiri, tanpa harus mengikuti kursus formal. Dengan cara ini, Anda dapat belajar kapan saja dan di mana saja, sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

Tips belajar bahasa Inggris secara mandiri

1. Pilih sumber belajar yang relevan

Dalam pemilihan sumber belajar, pastikan Anda memilih sumber yang sesuai dengan kapasitas atau tingkatan pemahaman Anda. Untuk memulai, Anda bisa memulai mengartikan kata demi kata menggunakan kamus kemudian naik level dengan menggunakan buku panduan grammar. 

2. Perbanyak menulis dalam bahasa Inggris

Cobalah untuk lebih banyak menulis dalam bahasa Inggris agar Anda bisa lebih paham dengan kosa-katanya. Anda perlu menyiapkan buku catatan kecil yang dapat dibawa kemana pun untuk mempermudah setiap penulisan yang sedang Anda kerjakan.

Apabila menemukan kosa kata baru yang menarik dan sesuai dengan tema harian yang telah ditentukan, Anda dapat memasukkannya ke dalam penulisan di buku catatan Anda. Tidak perlu khawatir untuk kesalahan dalam penulisan, Anda bisa meminta bantuan kepada teman, keluarga atau media internet untuk melihat hasil penulisan.

3. Mendengarkan musik

Pemahaman yang cepat dalam belajar bisa juga datang melalui audio atau musik, apalagi jika Anda menyukai lagu-lagu tersebut. Melalui mendengarkan syair dalam musik, Anda bisa memahami tiap-tiap kata bahkan bisa mengenal istilah-istilah baru yang umumnya terdapat dalam lirik lagu yang puitis.

4. Baca berita dan artikel dalam bahasa Inggris

Biasakan mencari berita ataupun artikel berbahasa Inggris. Jika Anda menemukan kata yang belum dipahami, maka cobalah terjemahkan dan pahami secara luas sesuai dengan struktur kalimatnya. Cara ini tidak hanya membuat Anda lebih mudah mengerti bahasa Inggris, namun juga menuliskannya sesuai dengan grammar.

5. Menonton film tanpa menggunakan subtitle

Film menjadikan daya tarik bagi semua kalangan dalam menikmati setiap momen serta menghilangkan rasa bosan.

Untuk belajar bahasa Inggris, Anda dapat menonton film tanpa menggunakan subtitle agar bisa membantu dari segi pemahaman dalam penalaran hingga berkomunikasi agar lebih natural.

Biasanya, menonton film bisa membuat Anda penasaran terkait maksud dari kalimat dalam percakapan. Dari konsepnya itu, Anda bisa memperhatikan film tersebut dengan memahami kalimat. Apabila terdapat kalimat yang membingungkan, segera tulis dan terjemahkan kalimat tersebut. Terus ulangi secara berkala agar menjadi efektif.

Baca juga: Mengenal arti dari nama-nama hari dan angka 0-10 dalam bahasa Inggris

Baca juga: Rekomendasi aplikasi untuk berlatih bahasa Inggris

Baca juga: Google uji fitur latihan bicara untuk bantu pengguna belajar bahasa

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024