Cuaca umumnya diprakirakan cerah berawan hingga hujan ringan
Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan prakiraan cuaca cerah berawan hingga hujan ringan terjadi di sebagian besar wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 21-27 Oktober 2024.

"Cuaca umumnya diprakirakan cerah berawan hingga hujan ringan," kata Prakiraan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Aprilia Mustika Dewi di Lombok Tengah, Senin.

Pada 21-23 Oktober 2024 BMKG memprakirakan cuaca hujan ringan hingga sedang disertai petir maupun angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, dan Bima.

Suhu udara berkisar 23 sampai 35 derajat Celcius. Angin permukaan bertiup dengan variasi arah dominan dari tenggara ke selatan dengan kecepatan angin maksimum mencapai 35 kilometer per jam.

Baca juga: Senin, BMKG prakirakan cuaca di sebagian besar Indonesia hujan ringan

Pada 24-27 Oktober 2024 hujan ringan hingga sedang yang disertai petir maupun angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, dan Bima.

BMKG memprakirakan suhu udara di NTB berkisar 22 sampai 36 derajat Celcius dengan angin permukaan yang bertiup dominan dari arah tenggara ke selatan dan kecepatan angin maksimum hingga 35 kilometer per jam.

Pada akhir Oktober 2024 Kota Mataram dan sebagian Kabupaten Lombok Barat mulai memasuki musim penghujan. Selanjutnya berturut-turut ke wilayah lain mulai dari barat ke timur NTB hingga diprediksi semua wilayah memasuki musim hujan pada akhir November 2024.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan sedang-lebat berpetir di DIY hari ini
Baca juga: Jakarta cerah berawan sehari setelah pelantikan Presiden Prabowo 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024