Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2024 dengan tujuan memperluas akses pembiayaan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia.
 
Program KUR ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui sektor UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional.
 
Kebijakan KUR menjadi bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional, di mana pemerintah menyalurkan program ini melalui 46 penyalur KUR. Kehadiran penjaminan pada program ini mendukung prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit kepada masyarakat.
 
Selain itu, untuk menjaga praktik Good Corporate Governance dalam penyaluran KUR, pemerintah bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengawasi pelaksanaan program ini.
 
Tahun ini, beberapa bank yang telah ditunjuk sebagai penyalur KUR di antaranya adalah bank-bank nasional dan bank pembangunan daerah (BPD) yang memiliki jangkauan luas serta kapabilitas untuk mendukung pelaku UMKM.
 
Dengan demikian, berikut ini merupakan nama-nama lembaga bank di Indonesia yang ditunjuk untuk menyalurkan KUR 2024, diantaranya yaitu:
 
46 bank penyalur KUR 2024
 
1. BRI
 
2. Bank Mandiri
 
3. BNI
 
4. BTN
 
5. BCA
 
6. Bank Bukopin
 
7. Bank Maybank Indonesia
 
8. Bank Sinarmas
 
9. Bank Permata
 
10. BTPN
 
11. OCBC NISP
 
12. Bank Artha Graha Internasional
 
13. BRI Syariah
 
14. BRI Agroniaga
 
15. Bank Nationalnobu
 
16. Bank Mandiri Taspen
 
17. BNI Syariah
 
18. Bank Mandiri Syariah
 
19. BPD Bali
 
20. BPD Kalbar
 
21. BPD NTT
 
22. BPD DIY
 
23. BPD Sulselbar
 
24. BPD Sumut
 
25. BPD Sumbar (Bank Nagari)
 
26. BPD Sumsel Babel
 
27. BJB
 
28. BPD Kalsel
 
29. BPD Riau Kepri
 
30. Bank NTB Syariah
 
31. BPD Lampung
 
32. BPD Papua
 
33. BPD Bengkulu
 
34. BPD Kaltimtara
 
35. BPD Jambi
 
36. BPD Jateng
 
37. BPD Sultra
 
38. BPD Kalteng
 
39. BPD SulutGo
 
40. BPD Jatim
 
41. Internusa Tribuana Citra Multi Finance
 
42. Indosurya Inti Finance
 
43. First Indo American Leasing
 
44. Koperasi Obor Mas
 
45. Kospin Jasa
 
46. KSP Guna Prima Dana
 
Berikut merupakan 46 jenis bank yang merupakan penyalur KUR di tahun 2024. Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan kemudahan dengan suku bunga KUR yang kompetitif, yaitu sebesar 6 persen per tahun, serta plafon pinjaman yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan skala usaha debitur.
 
Dengan dukungan dari berbagai bank penyalur dan program pemerintah yang berkelanjutan, diharapkan para pelaku UMKM dapat semakin mudah mengakses pembiayaan yang terjangkau, sehingga usaha mereka dapat terus berkembang dalam berdaya saing.

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024