Jakarta (ANTARA) - Konsultan senior dan ahli bedah robotik ortopedi serta penggantian sendi di Yatharth Hospitals Greater Noida Dr. Abhisar Katiyar mengungkapkan kekakuan pagi umum dialami oleh orang-orang dengan kondisi sendi, ini muncul sebagai kesulitan dalam menggerakkan sendi saat bangun dan sering berlangsung selama 30 menit atau lebih.

Dikutip dari The Hindustan Times, Senin, bangun dengan sendi yang kaku bisa membuat tugas sederhana seperti keluar dari tempat tidur atau berjalan menjadi tantangan.

Menurut Dr. Yash Gulati, konsultan senior ortopedi, penggantian sendi, dan tulang belakang di Indraprastha Apollo Hospitals, kekakuan pagi bisa menjadi gejala awal arthritis.

Baca juga: Lutut kaku saat bangun tidur, waspada pengapuran sendi

"Jika kekakuan menghilang dengan cepat, itu bisa disebabkan oleh osteoarthritis terkait usia, dan jika kekakuan berlanjut untuk waktu yang lama sepanjang hari, itu bisa menjadi gejala jenis arthritis inflamasi," ujarnya.

Arthritis adalah kondisi yang ditandai dengan peradangan pada sendi, yang menyebabkan nyeri, kekakuan, dan penurunan mobilitas.

Menurut Dr. Abhisar Katiyar, strategi pengelolaan termasuk mengambil obat yang diresepkan sebelum tidur, melakukan peregangan lembut sebelum bangun dari tempat tidur, dan menggunakan kompres hangat.

Baca juga: Kaku sendi bisa terjadi usai penanganan patah tulang, apa sebabnya?

Pasien yang mengalami kekakuan pagi yang persisten harus berkonsultasi dengan profesional ahli untuk evaluasi lebih lanjut, tambahnya.

Dr. Yash Gulati menyarankan untuk menjaga tubuh tetap bergerak untuk mengatasi kekakuan pagi.

"Peregangan lembut sebelum bangun dari tempat tidur dapat membantu melonggarkan otot yang kaku dan meningkatkan mobilitas sendi. Aktivitas seperti yoga atau berjalan pagi singkat juga dapat meningkatkan sirkulasi, meredakan kekakuan," katanya.

Baca juga: Peregangan ini bantu atasi lutut kaku di pagi hari

Menurutnya, mengaplikasikan panas, seperti mandi air hangat atau menggunakan bantal pemanas, dapat menenangkan sendi yang nyeri dan merelaksasi otot, membuat pergerakan menjadi lebih mudah.

Selain itu, tetap terhidrasi sepanjang hari dan mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan makanan anti-inflamasi seperti asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan sendi.

Bagi mereka yang menderita arthritis, mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menjajaki pilihan pengobatan, seperti obat atau terapi fisik.

"Mengambil langkah untuk mengatasi kekakuan pagi tidak hanya membantu dengan mobilitas tetapi juga menetapkan nada positif untuk hari itu, membuat lebih mudah untuk terlibat dalam aktivitas sehari-hari dengan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang lebih sedikit," tambah Dr. Yash Gulati.

Baca juga: Dokter: Kanker tulang miliki gejala nyeri di persendian saat aktifitas

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024