Jakarta (ANTARA) - Muhaimin Iskandar yang resmi dilantik menjadi Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat akan menempati kantornya di gedung yang sebelumnya bernama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

"Kantornya di (Kemenko) PMK sini," kata Muhaimin saat memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Baca juga: Prabowo tunjuk Muhaimin Iskandar jadi Menko Pemberdayaan Masyarakat

Muhaimin mengatakan bahwa dirinya diberi amanat oleh Presiden Prabowo Subianto untuk menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Dia menjelaskan Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat melingkupi sejumlah kementerian, antara lain Kementerian Kooperasi, Kementerian UMKM, Kementerian Ekonomi Kreatif, Kementerian Sosial dan Kementerian Perlindungan Pekerja Migran.

"Dan juga lembaga-lembaga terkait yang berhubungan dengan pemberdayaan institusional maupun pemberdayaan personal, individu," kata Muhaimin.

Kemenko Pemberdayaan Masyarakat, kata Muhaimin, juga mendorong percepatan kapasitas kelembagaan, misalnya koperasi, usaha kecil menengah, hingga pemberdayaan masyarakat.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa tersebut meminta doa restu kepada masyarakat, para kiai dan ulama agar tugas tersebut dapat ia jalankan.

"Agar tugas yang berat ini bisa saya laksanakan sehingga proses pemerintahan lima tahun ini di bawah kepemimpinan Pak Prabowo berhasil melahirkan kemajuan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan," kata Muhaimin.

Presiden RI Prabowo Subianto resmi melantik 48 menteri dalam susunan Kabinet Merah Putih periode 2024-2029, serta lima pejabat setingkat menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Baca juga: Cak Imin sebut Anies dukung penuh karirnya di kabinet Prabowo
Baca juga: Jelang pengumuman kabinet, Cak Imin penuhi panggilan Prabowo ke Istana

Pewarta: Mentari Dwi Gayati/Andi Firdaus
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024