Jakarta (ANTARA) -
Berbagai peristiwa hukum kemarin yang menjadi sorotan, di antaranya Satgas Damai Cartenz berhasil menangkap pemasok amunisi kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) hingga gabungan personel TNI dan Polri disiagakan di sejumlah titik sekitar lokasi jatuhnya pesawat SAM Air.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita hukum kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

Kaops Damai Cartenz: Pemasok amunisi ke KKB ditangkap di Nabire

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Brigadir Jenderal Polisi Faizal Rahmadani mengatakan Tim Satgas Operasi Damai Cartenz berhasil menangkap pemasok amunisi kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Jemmy Magai Yogi.

Penangkapan pemasok amunisi bernama Maais Herlik Imburi (44) dilakukan pada Sabtu (19/10) di Nabire, Papua Tengah, setelah penyidik melakukan pemeriksaan intensif terhadap Jemmy yang sebelumnya ditangkap bersama barang bukti 104 butir amunisi.

"Jemmy Magai Yogi ditangkap pada Rabu (16/10) saat perjalanan dari Nabire menuju Paniai menggunakan kendaraan roda empat," kata Faizal Rahmadani dihubungi di Jayapura, Minggu.

Baca selengkapnya di sini.​​​​​​​


Ketua KPK: Kortastipidkor bukti Polri serius berantas korupsi

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Nawawi Pomolango mengemukakan pembentukan Korps Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Kortastipidkor) Polri sebagai bukti Korps Bhayangkara serius untuk ambil bagian dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Jika ada satgas-satgas lain yang terbentuk dan dimaksudkan sebagai bagian upaya pemberantasan korupsi, tentu dapat dipandang sebagai upaya dan semangat pemberantasan korupsi pada lembaga atau instansi dimaksud," kata Nawawi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.​​​​​​​

Nawawi juga mengatakan pembentukan korps baru Polri tersebut tidak akan tumpang tindih dengan tugas KPK.

Baca selengkapnya di sini.​​​​​​​


Pakar: Penghargaan bagi BNPT kabar baik untuk penanggulangan terorisme

Pakar terorisme Noor Huda Ismail menyambut positif penghargaan yang diterima oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan menyebut penghargaan tersebut sebagai kabar baik dalam penanggulangan terorisme.

Penghargaan yang diterima BNPT yakni penghargaan Kementerian dan Lembaga Negara Awards 2024 untuk kategori program Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme (RAN PE) dan Sinergitas antar Kementerian/Lembaga.

"Ini kabar baik. Artinya, apa yang dilakukan BNPT diapresiasi oleh lembaga lain. Semoga itu bisa menjadi penyemangat untuk BNPT," kata Noor Huda Ismail dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini.​​​​​​​


Pakar: Pemerintahan baru bisa lebih "concern" terkait pelindungan data

Pakar keamanan siber Dr. Pratama Persadha berharap pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden RI Prabowo Subianto lebih concern (perhatian) terhadap keamanan siber agar bisa sepenuhnya dalam penegakan hukum terkait dengan kebocoran data pribadi.

Hingga saat ini, kata Pratama, belum bisa sepenuhnya penegakan hukum karena belum adanya lembaga/komisi yang secara resmi menjalankan serta mengawasi hal-hal terkait dengan pelindungan data pribadi, termasuk menjatuhkan sanksi kepada institusi, baik pemerintah maupun swasta, yang menjadi korban kebocoran data.

"Concern terhadap keamanan siber dan pelindungan data pribadi tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu fokus utama pemerintahan Presiden Prabowo," kata Pratama yang juga Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC dalam percakapan melalui WhatsApp kepada ANTARA di Semarang, Minggu malam.

Baca selengkapnya di sini.​​​​​​​


Personel TNI-Polri berjaga di lokasi jatuhnya pesawat di Gorontalo

Gabungan personel TNI dan Polri disiagakan di sejumlah titik sekitar lokasi jatuhnya pesawat SAM Air, kawasan Bandara Panua, Desa Imbodu, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Pudji Prasetijanto Hadi di Pohuwato, Minggu, mengatakan sesaat setelah insiden kecelakaan pesawat terjadi, ia langsung mengerahkan personel untuk melakukan pengamanan di sekitar lokasi.

"Kami telah mengerahkan personel ke lokasi kejadian bersama dengan rekan-rekan dari TNI dan Perhubungan sejak awal sampai besok," kata Kapolda.

Baca selengkapnya di sini.
​​​​​​​

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024