Pascabercerai pada awal 2018, Veronica mulai terjun ke dunia bisnis dengan mengelola usaha daging sapi impor bernama Alpha Agro Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Pengusaha Veronica Tan terpilih menjadi Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029, pada pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

"Veronica Tan, Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," kata Presiden Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10) malam.

Jabatan Wakil Menteri PPPA merupakan jabatan baru di kementerian ini.

Veronica Tan lahir pada 4 Desember 1977 di Medan, Sumatera Utara.

Veronica menikah dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta pada 6 September 1997.

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai tiga anak, yakni Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong, dan Daud Albeenner Purnama.

Pascabercerai pada awal 2018, Veronica mulai terjun ke dunia bisnis dengan mengelola usaha daging sapi impor bernama Alpha Agro Indonesia.

Baca juga: Prabowo tunjuk Arifatul Choiri jadi Menteri PPPA dibantu Veronica Tan

Veronica lekat dengan pembawaannya yang tenang dan penuh wibawa, namun di balik itu, ia memiliki visi kuat terhadap upaya peningkatan kesejahteraan perempuan dan anak-anak di Indonesia.

Berikut sejumlah rekam jejak Veronica di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, di antaranya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta.

Sebagai Ketua Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) DKI Jakarta, Veronica Tan memimpin berbagai program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga, terutama yang menyasar perempuan.

Melalui PKK, ia mendorong pemberdayaan ekonomi bagi perempuan melalui pelatihan keterampilan serta promosi kesehatan ibu dan anak.

Veronica juga terlibat dalam kampanye gizi dan kesehatan yang bertujuan untuk menurunkan angka stunting dan memastikan kesejahteraan anak-anak Jakarta.

Veronica juga dikenal karena perhatiannya terhadap anak-anak Jakarta.

Salah satu dedikasinya yang menonjol adalah melalui Yayasan Waroeng Imaji, sebuah inisiatif yang dia dirikan untuk mendukung anak-anak yang tinggal di rumah susun di Jakarta.

Baca juga: Prabowo tunjuk Abdul Mu'ti jadi Mendikdasmen didampingi dua wamen

Pada tahun 2017, dia mengajak 200 anak dari rusun untuk tampil dalam operet berjudul Aku Anak Rusun - Selendang Arimbi, sebagai bagian dari upayanya mendorong impian anak-anak tersebut dalam seni teater, musik, dan pertunjukan.

Selain fokus pada pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Veronica juga pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta.

Ia berperan besar dalam menyebarkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini kanker, terutama kanker serviks dan payudara yang kerap mengancam kesehatan perempuan.

Dalam yayasan ini, Veronica membantu mengkoordinasikan kampanye kesehatan dan penggalangan dana untuk membantu pasien kanker yang kurang mampu.

Veronica Tan konsisten mendukung upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Perannya dalam berbagai organisasi sosial dan kemanusiaan telah membuktikan bahwa Veronica adalah sosok yang mengabdikan hidupnya untuk kebaikan masyarakat, terutama mereka yang rentan.

Rencananya, Veronica Tan akan dilantik sebagai Wamen PPPA pada Senin siang.

Baca juga: Diana Kusumastuti berharap bisa jalankan amanah dengan sebaik-baiknya

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024