Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa di DKI Jakarta selama sepekan mulai Senin (14/10) hingga Minggu (20/10) yang masih menarik di baca di kanal Metro ANTARA, antara lain seputar pelantikan Presiden Prabowo Subianto seperti kendaraan Maung Garuda yang dia naiki saat menyapa warga, pelantikan Penjabat Gubernur (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, kasus kecelakaan di Cilicing.

Berikut rangkumannya:

1. Naik Maung Garuda, Prabowo sapa warga di Bundaran HI

Jakarta (ANTARA) - Presiden Prabowo Subianto menyapa warga dengan melambaikan tangan dari atas kendaraan Maung Garuda saat melintas di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu siang.

Prabowo Subianto menyapa warga usai pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan bersama Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta.

Baca selengkapnya di sini

2. Terik matahari, warga antusias saksikan pelantikan Prabowo-Gibran

Jakarta (ANTARA) - Ratusan warga antusias menyaksikan pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka melalui layar siaran langsung di Panggung Pesta Rakyat di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, pada Minggu.

Meski berada di tengah terik matahari tak menyurutkan warga untuk menyaksikan acara pelantikan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Baca selengkapnya di sini

3. Ini 13 titik panggung hiburan untuk meriahkan pelantikan presiden

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui Kementerian BUMN menyiapkan sedikitnya 13 titik panggung hiburan untuk memeriahkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10) yang antara lain diisi oleh sederet musisi dan penyanyi nasional.

Informasi yang dihimpun ANTARA di Jakarta, Sabtu, menyebutkan, panggung pesta rakyat itu terbagi menjadi tiga sesi yakni sesi pagi (08.30 WIB), siang (10.00 WIB) dan Sore (14.00 WIB) dengan pilihan kegiatan mulai dari pembagian "door prize", hiburan musik, stan makanan rakyat, pameran UMKM dan bazar.

Baca selengkapnya di sini

4. Ekonomi dan kesejahteraan jadi tema debat kedua Pilkada DKI Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial" sebagai tema debat kedua calon gubernur dan wakil gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta pada 27 Oktober 2024.

"Tema debat kedua tentang Ekonomi dan kesejahteraan Sosial. Untuk tema debat setiap sesinya sudah dirumuskan oleh tim perumus yang merupakan ahli atau pakar di bidangnya," kata Ketua Divisi Data dan Informasi KPU DKI Jakarta Fahmi Zikrillah saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

5. Teguh Setyabudi akan turut persiapkan Jakarta jadi kota global

Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Teguh Setyabudi akan turut mempersiapkan Jakarta yang nantinya tak lagi menyandang status sebagai Ibu Kota Negara (IKN) menjadi kota global.

"Tentu saja menjadi 'global city' menurut pemahaman kami yang pertama-tama harus disiapkan bukan hanya secara fisik tetapi juga bagaimana sumber daya manusia itu sendiri. Baik dari sisi tataran birokrasinya maupun juga masyarakat Jakarta itu sendiri," katanya di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

6. Karangan bunga untuk Heru Budi dan Teguh Setyabudi hiasi Balai Kota

Jakarta (ANTARA) - Deretan karangan bunga untuk mantan Penjabat Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono dan Penjabat Gubernur yang baru Teguh Setyabudi terlihat menghiasi area Balai Kota DKI Jakarta pada Jumat.

Berbagai pihak mulai dari dinas-dinas, BUMD, mal, bahkan pegiat UMKM Jakarta mengirimkan karangan bunga bertuliskan “Terima Kasih Heru Budi Hartono Atas Dedikasi Dan Pengabdian Untuk Jakarta. Sukses Jakarta Untuk Indonesia”.

Baca selengkapnya di sini

7. Polisi: Kecelakaan di Marunda Cilincing libatkan lima kendaraan

Jakarta (ANTARA) - Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Jakarta Utara Kompol Donnie Bagus Wibisono menyatakan kecelakaan sejumlah kendaraan berukuran besar di Akses Marunda Cilincing Jakarta Utara melibatkan lima kendaraan dan membuat ruas jalan tersebut mengalami kemacetan panjang.

"Total ada lima kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan yang terjadi sekira pukul 17.00 WIB tersebut," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara Kompol Donnie Bagus Wibisono di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

8. Ledakan tabung gas picu kebakaran di Kalianyar

Jakarta (ANTARA) - Kepolisian menyebutkan bahwa kebakaran yang menewaskan lima orang di Kalianyar, Tambora, Jakarta Barat, disebabkan ledakan tabung gas.

"Dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Tim Indonesian Automatic Finger Identification System (INAFIS) bahwa memang diduga ada ledakan dari tabung gas elpiji milik salah satu rumah warga," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Polisi M Syahduddi kepada wartawan di lokasi kebakaran tersebut pada Selasa.

Baca selengkapnya di sini

9. DPRD sepakati evaluasi Kemendagri terhadap Raperda RTRW DKI 2024-2044

Jakarta (ANTARA) - DPRD DKI menyepakati evaluasi Kementerian Dalam Negeri terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Ruang (RTRW) DKI Jakarta Tahun 2024-2044 melalui Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) di Jakarta, Senin.

“Setelah mendengarkan penjelasan dari pihak eksekutif, serta tanggapan dan saran dari ketua fraksi, para pimpinan komisi, pimpinan badan kehormatan, para wakil ketua DPRD, maka rapat pimpinan gabungan DPRD Provinsi DKI Jakarta bersama eksekutif Mendagri ini, dapat menyepakati Raperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi tahun 2024-2044 hasil evaluasi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia,” kata Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Khoirudin selaku pimpinan rapat.

Baca selengkapnya di sini

10. DKI bangun JPO Stasiun Tanjung Barat agar warga aman dan nyaman

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI menegaskan, pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Stasiun Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan antara lain bertujuan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan warga dalam menggunakan fasilitas publik.

"JPO yang dibangun ini semoga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat agar aman dan nyaman saat menggunakan fasilitas publik," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono di peresmian JPO Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Senin.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024