Pos yang diisi Muhaimin tersebut menjadi satu dari tujuh kementerian koordinator yang dibentuk Presiden Prabowo bersama Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka setelah dilantik Minggu pagi tadi
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Prabowo Subianto menunjuk Abdul Muhaimin Iskandar menjadi Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat dalam Kabinet Merah Putih yang ia umumkan di Istana Negara Jakarta, Minggu malam.

"Dr Drs Abdul Muhaimin Iskandar MSi, Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat," kata Prabowo saat mengumumkan kabinetnya.

Pos yang diisi Muhaimin tersebut menjadi satu dari tujuh kementerian koordinator yang dibentuk Presiden Prabowo bersama Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka setelah dilantik Minggu pagi tadi.

Muhaimin sempat maju menjadi calon wakil presiden berpasangan dengan calon presiden Anies Baswedan dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Lahir di Jombang, Jawa Timur, pada 24 September 1966, Muhaimin sejak tahun 2008 menduduki kursi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca juga: Cak Imin sebut Anies dukung penuh karirnya di kabinet Prabowo

Muhaimin dikenal karena karier politiknya yang melejit sejak usia muda dan dipercaya sebagai Wakil Ketua DPR RI dalam usia 33 tahun pada 1999.

Jabatan tersebut kembali ia duduki pada periode 2019-2024, setelah sebelumnya sempat menjadi Wakil Ketua MPR RI pada 2018-2019.

Selain kariernya di lembaga legislatif, Muhaimin juga pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam Kabinet Indonesia Bersatu II di bawah kepemimpinan Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009-2014.

Pengalaman tersebut mengantarkan Muhaimin memberanikan diri maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.

Selepas kemenangan pasangan Prabowo-Gibran, Muhaimin bersama PKB memutuskan bergabung dalam koalisi pendukung pemerintah.
Baca juga: Jelang pengumuman kabinet, Cak Imin penuhi panggilan Prabowo ke Istana
Baca juga: Cak Imin koordinasi dengan Anies untuk hadiri pelantikan Prabowo

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024