Jakarta (ANTARA) - Angga Raka Prabowo terpilih untuk mengisi jabatan sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Digital dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 dalam pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

"Angga Raka Prabowo Wakil Menteri Komunikasi dan Digital," ujar Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu.

Berdasarkan pengumuman Kabinet tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika berubah nomenklatur menjadi Kementerian Komunikasi dan Digital.

Baca juga: Meutya Hafid terpilih jadi Menteri Komunikasi dan Digital

Angga Raka melanjutkan jabatan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika yang diembannya sejak dilantik oleh Presiden ketujuh Indonesia Joko Widodo pada 19 Agustus 2024.

Pada Selasa (15/10), Angga Raka menjadi salah seorang yang memenuhi panggilan Presiden Prabowo ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta. Pemanggilan tersebut mengisyaratkan bahwa dia masuk dalam jajaran calon wakil menteri atau kepala badan untuk kabinet Prabowo bersama Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Angga Raka Prabowo, lahir 8 September 1989, meraih gelar S1 Hubungan Internasional dari Universitas Jayabaya pada 2011. Angga adalah politikus Partai Gerindra yang menjabat sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika sejak 19 Agustus 2024.

Dia pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Komunikasi dan Direktur Media Kampanye Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan presiden dan wakil presiden 2024.

Angga bergabung dengan Partai Gerindra pada 2008 dan mulai bertugas sebagai tim media partai tersebut pada 2012. Dia kemudian diangkat sebagai sekretaris pribadi Prabowo Subianto dari 2014 hingga 2017.

Saat ini, Angga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal dan Ketua Badan Komunikasi di Partai Gerindra. Namanya kembali menjadi perhatian publik pada 2021 saat Prabowo memperkenalkannya sebagai komisaris PT Teknologi Militer Indonesia (TMI).

Beberapa hari sebelum pelantikan, Prabowo memanggil lebih dari 100 orang yang diprediksi menjadi calon menteri, calon wakil menteri, dan calon kepala badan ke kediaman pribadinya di Jalan Kartanegara Nomor 4, Jakarta Selatan.
 
Prabowo juga memberi pembekalan kepada mereka selama dua hari di kediamannya yang berada di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Angga Raka bahas transformasi digital ketika dipanggil Prabowo

Baca juga: Presiden lantik Angga Raka Prabowo jadi Wamenkominfo

Baca juga: Prabowo umumkan nama-nama menteri Kabinet Merah Putih

Baca juga: Prabowo umumkan nama kabinetnya adalah Kabinet Merah Putih

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024