Jakarta (ANTARA) - Pembalap Indonesia yang membela tim BrCorse, Aldi Satya Mahendra, mengukir sejarah dengan menjuarai  World Super Sport 300 2024 setelah menyelesaikan balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu.

Aldi finis posisi kelima pada balapan kedua, yang membuatnya meraih lima poin dari balapan tersebut. Koleksi 221 poin membuatnya unggul 21 poin dari peringkat kedua Loris Veneman.

Aldi mengawali perjalanan dalam World Supersport di Barcelona pada Maret. Setelah berhasil naik podium dengan menduduki posisi kedua di Barcelona, Aldi menjadi pemuncak klasemen bersama.

Namun kemudian dia mengalami balapan terburuk di musim ini di Assen. Ia sempat mencatat lap tercepat pada balapan pertama, sebelum mengakhiri balapan di Belanda itu pada posisi kedelapan dan sebelas.

Baca juga: Galang dan Aldi raih podium di World Supersports 300 Prancis


Pada balapan selanjutnya di Misano, Italia, Aldi finis posisi kedua pada balapan pertama, sebelum mencatat kemenangan pertamanya musim ini dengan finis pertama pada balapan kedua.

Selanjutnya di Most, Ceko, Aldi hanya finis kedelapan pada balapan pertama, dan memperbaikinya dengan naik podium pada balapan kedua. Pada fase ini pula, Aldi berada pada posisi kedua dalam klasemenm, tertinggal 19 poin dari Loris Veneman.

Baca juga: Aldi Satya Mahendra bangga raih kemenangan WorldSSP300

Aldi sedikit terbantu oleh kegagalan Iglesias Bravo menyelesaikan balapan di Portimao, Portugal. Di sana ia hanya finis posisi keenam dan kedelapan, hanya 11 poin dari pemuncak klasemen.

Saat balapan dilanjutkan di Sirkuit Nevers Magny-Cours, Prancis, Aldi  memanfaatkan nasib buruk pesaing- pesaingnya. 

Loris Veneman terjatuh sampai finis posisi ke-16 pada balapan pertama, sedangkan Iglesias terjatuh pada lap terakhir balapan kedua.

Hasil-hasil itu, bersamaan dengan keberhasilannya finis posisi kedua dan ketiga, membuat Aldi meninggalkan Prancis dengan unggul 12 poin di pucuk klasemen.

Pembalap asal Yogyakarta itu belum bisa mengunci gelar juara di Aragon, tapi saat balapan di Jerez, Aldi tak terbendung untuk memastikan gelar juara World Supersport 300.

Baca juga: Aldi Satya Mahendra raih gelar WorldSSP300 perdananya di Ceko

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024