Lasha (ANTARA) - Pembangkit listrik Sa'gya yang berkapasitas 300 megawatt (MW) dan mengintegrasikan tenaga angin, tenaga surya, dan penyimpanan daya, saat ini telah memasuki proses pengawakutuan (debugging) akhir.

Pembangkit listrik yang terletak di wilayah Sa'gya di Kota Xigaze, Daerah Otonom Xizang, China barat daya, tersebut diperkirakan akan terhubung ke jaringan listrik China pada akhir bulan ini.

Total kapasitas terpasang dari proyek tersebut adalah 300 MW, di mana total kapasitas terpasang tenaga angin sebesar 200 MW dan total kapasitas terpasang tenaga fotovoltaik sebesar 100 MW.

Proyek itu juga telah membangun sebuah sistem penyimpanan daya dan jalur transmisi eksternal sepanjang 62 kilometer melintasi Sungai Yarlung Zangbo.

Produksi listrik tahunan dari proyek tersebut diperkirakan akan mendekati 550 juta kWh pascarampung.
 
Foto dari udara yang diabadikan dengan drone ini menunjukkan pembangkit listrik Sa'gya 300 MW di wilayah Sa'gya di Kota Xigaze, Daerah Otonom Xizang, China barat daya, pada 17 Oktober 2024. (Xinhua/Jigme Dorje)Foto menunjukkan kawanan hewan dan turbin angin di wilayah Sa'gya di Kota Xigaze, Daerah Otonom Xizang, China barat daya, pada 17 Oktober 2024. (Xinhua/Jigme Dorje)
 
Foto menunjukkan kawanan hewan dan turbin angin di wilayah Sa'gya di Kota Xigaze, Daerah Otonom Xizang, China barat daya, pada 17 Oktober 2024. (Xinhua/Jigme Dorje)Sejumlah pekerja memeriksa switchgear 35 kilovolt (kV) di wilayah Sa'gya di Kota Xigaze, Daerah Otonom Xizang, China barat daya, pada 17 Oktober 2024. (Xinhua/Jigme Dorje)
 
Sejumlah pekerja memeriksa switchgear 35 kilovolt (kV) di wilayah Sa'gya di Kota Xigaze, Daerah Otonom Xizang, China barat daya, pada 17 Oktober 2024. (Xinhua/Jigme Dorje



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2024