Jakarta (ANTARA) -
Ekonom Mirae Asset Sekuritas Rully Arya Wisnubroto mengatakan tingkat kepercayaan pasar pada pemerintah baru Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Indonesia Gibran Rakabuming Raka, tergolong tinggi dengan prospek tim ekonomi yang kompeten.
 
"Pasca pelantikan ini, nilai tukar Rupiah berpotensi menguat, dengan tingginya tingkat kepercayaan pada pemerintah yang baru dan dengan tim ekonomi yang diisi oleh wajah-wajah yang cukup familiar," kata Rully saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Minggu.
 
Rully menuturkan tim ekonomi pada kabinet Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, yang diisi oleh tokoh-tokoh yang cukup familiar dan dipercaya dapat menyelesaikan banyak permasalahan dan tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini.
 
Diketahui, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024-2029 dalam kesempatan tersebut.

Baca juga: Rupiah menguat saat pasar tunggu rilis indeks kepercayaan konsumen RI
 
Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.
 
Namun, menurut Rully, faktor global juga masih berpengaruh besar seperti ketidakpastian di pasar keuangan global.
 
"Kami melihat kondisi global sampai dengan hari Jumat kemarin cukup positif. Kecenderungan rupiah dalam beberapa hari terakhir pekan lalu cukup stabil," tuturnya.
 
Ia memperkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran Rp15.440 per dolar AS sampai dengan Rp15.495 per dolar AS pada perdagangan Senin (21/10).

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024