Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Udara membenarkan delapan pesawat tempurnya mengawal penerbangan Presiden Ke-7 RI Joko Widodo ke Surakarta, Jawa Tengah, Minggu sore.

Pesawat-pesawat tempur dari beberapa skuadron TNI Angkatan Udara itu mengawal pesawat Boeing 737-800 Next Gen dengan nomor ekor A7309 yang mengangkut Presiden Ke-7 RI Joko Widodo beserta istrinya Iriana Joko Widodo.

“Pengawalan kehormatan Presiden Ke-7 RI Pak Joko Widodo kembali ke Solo dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma dikawal tiga pesawat T50, empat pesawat tempur F16, dan satu Sukhoi,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Ardi Syahri saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Empat pesawat tempur F16 yang mengawal penerbangan Joko Widodo dari Jakarta ke Surakarta itu berasal dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin. Dari empat pesawat itu, satu jet tempur F16 juga mengabadikan peristiwa pesawat Boeing yang mengangkut Jokowi dikawal pesawat-pesawat tempur TNI AU.

Sementara itu, tiga jet tempur latih T50i Golden Eagle dikerahkan oleh TNI AU dari Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Jawa Timur. Kemudian, satu pesawat tempur Sukhoi yang mengawal Presiden Ke-7 RI itu berasal dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin.
Pesawat-pesawat tempur TNI Angkatan Udara mulai dari F16, T50i Golden Eagle, dan Sukhoi mengawal penerbangan Presiden Ke-7 RI Joko Widodo dari Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara.


Joko Widodo selepas purnatugas sebagai presiden selama dua periode pada pagi ini memilih kembali ke kediamannya di Surakarta, Jawa Tengah. Dia diantar oleh Presiden Ke-8 RI Prabowo Subianto sampai di apron Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Minggu sore.

Jokowi, sebelum naik pesawat, menyebut dia menyerahkan seluruhnya impian dan cita-cita masa depan bangsa kepada Prabowo.

“Saya sampaikan kepada Bapak Presiden, saya serahkan seutuhnya impian, harapan, cita-cita besar dari 280 juta rakyat Indonesia kepada Bapak Presiden Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto,” kata Jokowi kepada wartawan di Base Ops Lanud Halimperdanakusuma.

Jokowi juga berpesan agar masyarakat Indonesia untuk selalu hidup rukun membangun bangsa.

"Rukun, bersatu, berangkulan, membangun negara ini.
Sesuai yang disampaikan oleh Bapak Presiden Prabowo," kata Jokowi.

Di lokasi yang sama, Presiden RI Prabowo Subianto meminta doa yang terbaik dari masyarakat untuk kerja-kerja pemerintahannya ke depan.

“Ya, doakan yang terbaik. terima kasih,” kata Prabowo.

Dalam rangkaian acara penghormatan kepada Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma itu, sejumlah pesawat tempur TNI AU juga menampilkan flypast.

Baca juga: Sejumlah Menteri ikut antar Jokowi bertolak ke Solo

Baca juga: Wanita 'kebal Paspampres' menangis lepas Jokowi pulang ke Solo

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024