Pasukan kebersihan sudah disiagakan di berbagai titik
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah  Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan kondisi Jakarta kembali bersih dan nyaman pasca pelantikan Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Republik Indonesia Gibran Rakabuming Raka periode 2024-2029.
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi dalam keterangan resminya, di Jakarta, Minggu, mengatakan, sejumlah petugas kebersihan sudah disiapkan di berbagai titik strategis untuk membersihkan area-area tempat berlangsungnya acara.

Dia juga memastikan, masyarakat dapat kembali beraktivitas dengan nyaman pada keesokan hari.
 
"Pasukan kebersihan sudah disiagakan di berbagai titik strategis untuk membersihkan area-area tempat berlangsungnya acara. Kebersihan adalah prioritas kami untuk menjadikan Jakarta kota yang nyaman dan indah untuk dihuni. Besok akan bisa digunakan kembali untuk aktivitas warga ," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto menambahkan, pihaknya menurunkan 600 personel pada saat persiapan dan 800 personel saat acara berlangsung.

Baca juga: Pj Gubernur imbau warga yang sambut pelantikan presiden tetap tertib
Baca juga: Lontong kikil dan jajanan pasar menu utama pisah sambut kepala negara

Petugas tersebut dikonsentrasikan di area sekitar Gedung DPR/MPR RI, Istana Negara, Kawasan Monas, Jalan Thamrin-Sudirman, serta sekitar Bandara Halim Perdanakusuma.
 
"Kami juga mengerahkan sarana dan prasarana untuk menjaga kebersihan, seperti 45 unit 'road sweeper', 15 unit truk anorganik, 10 unit mini dump truck, 13 bus toilet, serta tempat sampah tambahan di area-area publik untuk memudahkan masyarakat menjaga kebersihan selama acara berlangsung," kata Asep.

Dinas LH pun telah menyusun skema penanganan kebersihan dalam tiga tahap, yakni persiapan, pelaksanaan dan setelah acara.

Adapun pembersihan persiapan telah dilakukan pada 17-19 Oktober, kemudian pembersihan di hari pelaksanaan pada 20 Oktober dan akan dilakukan secara intensif, serta pembersihan usai acara pada 21-22 Oktober.
 
Asep pun memastikan kebersihan Jakarta selama dan setelah acara pelantikan berlangsung.

Baca juga: DKI siapkan 26 kantong parkir saat pesta rakyat pelantikan presiden
Baca juga: Teguh Setyadi langsung pantau persiapan pelantikan Prabowo-Gibran

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024