Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 120 orang pimpinan majelis taklim di Jakarta mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut satu (1) , Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta 2024.

Pimpinan majelis taklim yang berasal dari kalangan ibu-ibu itu mendeklarasikan dukungan kepada RIDO di Markas Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di DPD Golkar DKI, Jakarta, Minggu.

Ketua Majelis Taklim Lazim Jakarta Timur, Rini Deliana mengatakan, masyarakat sudah mengetahui sepak terjang dan pengalaman Ridwan Kamil (RK) saat memimpin Jawa Barat dan Kota Bandung.

Kepiawaiannya melakukan pemberdayaan dan kemakmuran masjid saat memimpin Jawa Barat, lanjut dia, diharapkan bisa ditiru apabila terpilih menjadi gubernur Jakarta mendatang.

"Kami ingin beliau (Ridwan Kamil) menggunakan pengalamannya untuk membangun DKI Jakarta, jika terpilih saat pilkada 27 November 2024," katanya.

Baca juga: KPU Jaksel sudah terima 1,7 juta surat suara pilkada

Menurut dia, kehadiran rumah ibadah tidak hanya menjadi lokasi syiar keagamaan saja, tetapi menjadi pusat pendidikan dan memakmurkan umat.

Salah satu yang digaungkan RK, lanjut dia, adalah meningkatkan anggaran bantuan operasional tempat ibadah (BOTI), termasuk program umrah dan haji untuk para marbot.

"Jadi, kami dari perwakilan majelis taklim berharap semoga guru-guru ngaji itu bisa sangat diperhatikan. Mudah-mudahan nanti terpilihnya Pak RK, guru-guru ngaji istilahnya bisa diperhatikan dari fasilitas dan pendapatannya," kata Rini.

Menurut dia, ada 120 pimpinan majelis taklim dengan 650 jamaah yang hadir dalam momen ini. Mereka kompak menyamakan arah dukungan kepada pasangan RIDO dalam Pilkada Jakarta pada 27 November 2024

"Ada hampir 800 orang yang datang di markas pemenangan pasangan RIDO ini dan ini semua dari majelis taklim di lima kota di Provinsi DKI Jakarta," katanya.

Baca juga: KPU Jakpus terima 800 ribu lebih surat suara untuk Pilkada 2024

Kekuatan ibu
Ketua Majelis Taklim Al Muhsinin Jakarta Barat, Umiyati menambahkan, banyak cara yang dapat dilakukan oleh majelis taklim untuk menularkan dukungannya kepada pasangan calon itu.

Salah satunya melalui tatap muka saat bertemu dengan masyarakat, keluarga hingga di forum lainnya.

"Ibu-ibu ini ujung tombak di rumah, di warga dan keluarga sehingga kami perlu keluar untuk mengajak masyarakat agar memilih RIDO," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Pemenangan RIDO, Basri Baco menyebutkan kehadiran emak-emak patut dihargai dan diakui karena peran pentingnya dalam membangun serta memelihara keberlanjutan kehidupan keluarga.

Menurut dia, sosok ibu bisa menjadi pengaruh yang besar bagi rumah tangga, memberi rasa aman dan nyaman untuk keluarga, pendidik bagi anak-anaknya hingga mengelola keuangan di rumah tangga.

Baca juga: KPU Jaksel minta camat dan lurah beri fasilitas konsultasi bagi KPPS

Selain itu, emak-emak juga dianggap memiliki kehebatan yang luar biasa. Bahkan, tidak hanya menjadi 'penjaga rumah tangga' tetapi pilar kekuatan yang tidak tergantikan dalam bermasyarakat.

"Karena itu, dengan dukungan mereka untuk pasangan RIDO tentu sangat berdampak besar bagi kami," ujar Baco.

Dia berharap, dukungan emak-emak kepada RIDO dapat ditularkan ke lingkungan keluarga, kemudian merambat ke warga lainnya.

Dengan banyaknya dukungan dari emak-emak, Baco meyakini RIDO bisa menang Pilkada Jakarta dalam satu putaran.
Cawagub DKI Jakarta nomor urut 1, Suswono saat memberikan keterangan pers usai menghadiri deklarasi dukungan dari majelis taklim kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Kantor DPD Golkar DKI, Jakarta, Minggu (20/10/2024). ANTARA/Syaiful Hakim


Di tempat yang sama, Cawagub DKI Jakarta Suswono merasa tersanjung dengan dukungan dari emak-emak Majelis Taklim yang ada di DKI Jakarta. Meski mereka adalah sosok rumah tangga, tetapi memiliki massa yang cukup banyak di majelis taklim.

Baca juga: PWNU DKI bentuk badan pemantau awasi pilkada jujur dan adil

"Tentu ini hal yang sangat bagus ya untuk menambah kekuatan di pasangan RIDO," ujar Suswono.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut satu (1), Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut dua (2) dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut tiga (3) pada Pilkada DKI Jakarta.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024