Jakarta (ANTARA) - Presiden Ke-10 Republik Federal Jerman Christian Wulff menyampaikan harapan untuk melanjutkan kerja sama yang bermanfaat dan hubungan yang luar biasa dengan pemerintahan baru di Indonesia.

"Kami berharap dapat melanjutkan kerja sama yang bermanfaat dan hubungan yang baik antara kedua negara kita," demikian Wulff dalam keterangan tertulis dari Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, pada Minggu (20/10).

Dia mengatakan bahwa Indonesia dan Jerman memiliki sejarah panjang persahabatan dan kolaborasi yang sukses.

"Kami menjalin hubungan diplomatik lebih dari 70 tahun yang lalu. Kini, kami bekerja sama dalam banyak bidang utama seperti pembangunan, ekonomi, perdagangan, dan teknologi," kata dia.

Untuk itu, dia berharap hubungan kedua negara semakin erat sehingga memberikan lebih banyak manfaat bagi Indonesia dan Jerman.

Terkait upacara pelantikan tersebut, Wulff mengaku senang bisa menjadi perwakilan dari Jerman untuk menghadiri acara pelantikan tersebut.

Dia juga berterima kasih kepada Presiden Prabowo Subianto atas dukungannya terhadap hubungan yang kuat antara Indonesia dan Jerman.

"Saya mendoakan dia (Presiden Prabowo) dan pemerintahan baru Indonesia meraih kesuksesan, kesehatan, dan kesejahteraan di masa mendatang," demikian katanya.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024 - 2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.

Negara-negara sahabat yang mengirimkan utusannya untuk menghadiri acara pelantikan mencakup Jerman, Qatar, Thailand, Malaysia, Australia, Papua Nugini, Rusia, Laos, Vietnam, Vanuatu, Brunei Darussalam, Timor Leste, Serbia, dan China.

Negara lainnya adalah Kamboja, Selandia Baru, Solomon, Filipina, Korea Selatan, Singapura, Mesir, Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat, India, Jordania, Jepang, Italia, Kanada, Prancis, Brasil, dan Fiji.

Baca juga: Mantan presiden Jerman Wulff akan hadiri pelantikan Presiden Prabowo

Pewarta: Katriana
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2024