Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyampaikan harapan kerja sama yang lebih erat dengan pemerintahan baru Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto.

"Insya-Allah, kami akan bekerja dengan lebih dekat dalam suasana persahabatan, tidak hanya di tingkat pribadi, tetapi juga di tingkat kenegaraan yang pasti akan memberi manfaat terbaik kepada rakyat kedua negara", kata PM Anwar lewat unggahan di X, Sabtu.

Sementara itu, Presiden RI Prabowo Subianto mengatakan bahwa Indonesia ingin menjadi sahabat bagi semua negara di seluruh dunia sekaligus menjadi negara tetangga yang baik dengan memegang prinsip anti-penjajahan.

Pernyataan tersebut disampaikan Prabowo dalam pidato pelantikannya sebagai Presiden Terpilih Indonesia di Gedung Nusantara, Kompleks MPR/DPR RI di Senayan, Jakarta, Minggu.

Prabowo mengaku kerap menekankan bahwa Indonesia akan menjalankan kebijakan politik luar negeri sebagai negara yang ingin menjadi tetangga yang baik.

"We want to be a good neighbour (Kami ingin menjadi negara tetangga yang baik)," ujarnya.

Dia pun mengatakan bahwa Indonesia ingin menganut filosofi kuno 'seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak'.

Baca juga: PM Malaysia Anwar Ibrahim hadiri pelantikan Prabowo-Gibran 

Baca juga: Bapanas: Indonesia komitmen perkuat hubungan bilateral dengan Malaysia

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024