Jakarta (ANTARA) -
Bambang Eko Suhariyanto, sosok yang dikenal sebagai Staf Ahli Menteri Pertahanan, kini terpilih akan mengemban tanggung jawab yang lebih besar sebagai Wakil Menteri (Wamen) di kepemimpinan kabinet pemerintahan Prabowo.
 
Bambang termasuk nama tokoh yang hadir ke rumah Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan dalam agenda pertemuan para wakil menteri dalam kabinet pemerintahan mendatang serta mengikuti pembekalan tugas di Hambalang.
 
Lantas, siapakah Bambang Eko Suhariyanto? Berikut penjelasan profil dan latar belakangnya untuk mengenal lebih wakil menteri Prabowo yang terpilih.

Profil Bambang Eko Suhariyanto

Pria kelahiran Jember, Jawa Timur merupakan sosok perwira tentara Indonesia. Selama berkarir di dunia militer, ia kerap dipercayai menduduki berbagai jabatan penting.

Berbagai posisi jabatan tersebut, Bambang pun memiliki latar belakang pendidikan yang mendukung karirnya di militer.
 
Setelah menyelesaikan Pendidikan Sepamilwa di tahun 1987, Bambang melanjutkan pendidikannya di berbagai instansi dalam negeri dan luar negeri. Tahun 1996 menempuh pendidikan di Sekkau, tahun 1999 di Law Operation Course, Amerika, tahun 2002 di Seskoau, dan tahun 2003 di Legal Adviser Course, Australia.
 
Kemudian, berlanjut pada tahun 2004 di Ilomo Course, Amerika, tahun 2005 di Air Law Course, Belanda, tahun 2006 di International Law Development Programs, Amerika, tahun 2007 di Susopsgab IV dan Operation Law Course For Senior Officer, Hawaii, serta tahun 2010 di Sesko TNI.
 
Bambang Eko Suhariyanto merupakan seorang profesional dengan latar belakang militer yang kuat. Ia pun meniti karirnya di posisi strategis dalam lingkungan militer, mulai dari menjabat sebagai Kasi Kumniter Subdis Kumdira Diskumau, Kakum Koopsau II, dan Tenaga Fungsional Gol. IV Dit Ada Ditjen Ranahan Dephan.
 
Selain itu, Bambang diberi kepercayaan mengisi posisi menjadi Pamen Mabes TNI Kemhan, Kabag Hatkum Rokum Setjen Kemhan, Kabag Yankum Rokum Setjen Kemhan dan Dir Kumstrahan Dit Kumstra Ditjen Strahan Kemhan.

Dalam pengabdian di bidang militer, Bambang berhasil mendapatkan beberapa tanda kehormatan. Penghargaan yang didapatkan yaitu Satyalancana Kesetiaan XVI, Satyalancana Santi Dharma, United Nation Medal (PBB), Satyalancana Dwidya Sistha dan Satyalancana Kesetiaan XXIV.

Nama Bambang mulai dikenal saat ia bertugas sebagai Staf Ahli Menteri Pertahanan RI di Bidang Sosial, yang sebelumnya ia menjabat Kepala Biro Hukum Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan. Pada tanggal 10 Desember 2018, Bambang telah dilantik oleh Menhan Ryamizard Ryacudu.

Tahun 2024 ini, Bambang dipilih oleh Prabowo untuk masuk ke dalam kabinet pemerintahan yang akan dipimpin oleh dirinya. Akan tetapi, posisi Bambang di kementerian belum diungkap secara pasti dan menunggu Presiden 2024 terpilih yang akan memberi tahu informasi tersebut.
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024