acara pelantikan tersebut sudah memenuhi kuorum, serta disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia baik di dalam maupun luar negeri
Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Muzani secara resmi memulai sidang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk memimpin Indonesia periode 2024--2029.

Pembukaan sidang tersebut dilakukan pada pukul 10.19 WIB yang ditandai dengan ketukan palu sebanyak satu kali oleh Muzani sebagai penanda dibukanya sidang.

"Pada hari ini kita akan melaksanakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih hasil pemilihan umum 2024. Hari ini merupakan hari membahagiakan bagi bangsa Indonesia," kata Muzani di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Baca juga: Warga harapkan Prabowo-Gibran kurangi kemiskinan secara signifikan

Dalam pidato pembukanya,
Muzani menyebut dirinya meyakini acara pelantikan tersebut sudah memenuhi kuorum, serta disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia baik di dalam maupun luar negeri.

Adapun agenda sidang tersebut, disampaikan Muzani merupakan agenda tunggal untuk melantik Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Jokowi lambaikan tangan ke warga saat melintasi Bundaran HI

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024 - 2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024