Jakarta (ANTARA) -
Dalam deretan wakil menteri dalam kabinet Prabowo dan Gibran, nama Sulaiman Umar menjadi salah satu tokoh yang terpilih. Pada Selasa (15/10) terlihat Sulaiman hadir ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta.
​​​​​
Memiliki latar belakang sebagai dokter, Sulaiman juga ikut kontribusi aktif dalam dunia politik. Saat Pilpres 2024, dirinya pun dikenal sebagai Ketua Tim Pemenangan Daerah (TKD) kandidat Prabowo-Gibran di Kalimantan Selatan.
 
Posisinya sebagai calon wakil menteri merupakan kepercayaan Prabowo terhadap kemampuannya dalam menjalani tugas kementerian di pemerintahan mendatang.
 
Meskipun belum ada konfirmasi resmi mengenai posisi spesifik yang akan diduduki, Sulaiman diprediksi akan mengisi posisi strategis sebagai Wakil Menteri Kesehatan.
 
Siapakah Sulaiman Umar? Berikut penjelasan terkait profil dan latar belakangnya sebagai calon wakil menteri Prabowo.
 
Profil Sulaiman Umar
 
Pria kelahiran 16 April 1982 di Pagatan merupakan tokoh penting dan berpengaruh di kampung halamannya, Kalimantan Selatan.
 
Sulaiman merupakan suami dari Nor Andi Arinawati Arsyad. Pasangan ini merupakan tokoh pendiri dari Rumah Sakit Marina Permata.
 
Selain itu, tokoh Kalsel ini dikenal luas sebagai adik ipar dari pengusaha batu bara Banua yaitu Andi Syamsuddin Arsyad atau sering disapa Haji Isam.
 
Dalam latar belakang pendidikan, Sulaiman memulai mengenyam pendidikan di SD Muhammadiyah Pagatan tahun 1988-1994, SMP Muhammadiyah Pagatan tahun 1994-1997, hingga SMU Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun 1997-2000.
 
Setelah menyelesaikan pendidikan formalnya, ia melanjutkan pendidikan sarjana Fakultas Kedokteran di Universitas Muslim Indonesia tahun 2001-2011.
 
Kemudian, Sulaiman pun kerap aktif diberbagai organisasi. Selama tahun 2017-2020 ia aktif sebagai Ketua Umum KNPI Kabupaten Tanah Bumbu, Ketua DPD Generasi Muda Pembaharuan Kabupaten Tanah Bumbu, Ketua HTKI Kabupaten Tanah Bumbu, Wakil Ketua PMI Kabupaten Tanah Bumbu dan Wakil Ketua IDI Kabupaten Tanah Bumbu. Sementara, tahun 2018-2021, ia menjadi anggota PB IDI bidang Pengabdian Profesi.
 
Dalam perjalanan karirnya, Sulaiman yang aktif di dunia politik berhasil terpilih sebagai anggota DPR RI di Komisi VII Bidang Energi mewakili Kalsel dari partai PDI-P periode tahun 2019-2024. Sebagai sosok yang baru terjun ke dunia politik, ia berhasil mengantongi suara terbanyak sebesar 109 ribu suara.
 
Akan tetapi, tugasnya di gedung Senayan tersebut ia hanya jalankan selama kurang dari 2 tahun, sebab ia ingin kembali ke dunia kesehatan dan menjalankan tugas mulianya sebagai dokter.
 
Kemudian, Sulaiman menduduki jabatan sebagai Direktur Rumah Sakit Marina Permata dan Klinik Zam-Zam, Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.
 
Peran-peran strategisnya yang pernah dijalankan, telah membuat Sulaiman dipercaya untuk tugas besar dalam tim Prabowo-Gibran yaitu menjadi Ketua TKD Prabowo-Gibran di Kalimantan Selatan untuk merai kemenangan Pilpres 2024.
 
Selain perannya sebagai Ketua TKD, Sulaiman Umar juga menjadi sorotan sebagai salah satu nama wakil menteri yang masuk di kabinet Prabowo Subianto tahun 2024 ini.
 
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024