Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo bertolak menuju Gedung MPR/DPR/DPD RI dari Istana Merdeka, Jakarta, Minggu, untuk menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Iring-iringan kendaraan Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo keluar dari Istana Kepresidenan sekitar pukul 09.29 WIB.

Presiden tampak mengenakan baju jas Betawi dengan kain melilit di pinggangnya. sementara Ibu Negara mengenakan kebaya berwarna putih.

Keberangkatan Jokowi ke gedung parlemen disambut antusias masyarakat yang menunggu di depan Istana Kepresidenan Jakarta. Jokowi dan Ibu Negara tampak membuka kaca dan melambaikan tangan kepada masyarakat.

Rencananya usai dari gedung MPR/DPR/DPD RI, Jokowi akan kembali ke Istana untuk menyambut Prabowo Subianto di Istana dan melakukan prosesi pisah sambut.

Setelah pisah sambut, Jokowi akan pulang ke kampung halaman di Solo, Jawa Tengah.

Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin dikabarkan juga bertolak dari Istana Wakil Presiden, Jakarta, ke gedung parlemen untuk menghadiri pelantikan Presiden dan Wapres 2024-2029.

Usai menghadiri pelantikan, Wapres Ma'ruf juga dijadwalkan melakukan prosesi pisah sambut dengan Wapres Gibran Rakabuming Raka.
Baca juga: Hasta La Vista, Jokowi!
Baca juga: Prabowo tiba di lokasi pelantikan, kenakan baju tradisional Betawi
Baca juga: Presiden Jokowi bertolak ke Senayan via gerbang Istana Merdeka
Baca juga: Warga padati Simpang Patung Kuda rayakan pelantikan Prabowo-Gibran

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024