Jakarta (ANTARA) - Pebasket profesional dari klub Tangerang Hawks Basketball Club, Gabriel Batistuta Risky mengapresiasi program IBL Playground yang bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk merevitalisasi sejumlah lapangan basket komunitas dan sekolah untuk meningkatkan minat olahraga tersebut.

"Program ini sangat bagus guna menunjang perkembangan olahraga bola basket di kawasan tersebut. Semoga dengan adanya IBL Playground ini, melahirkan pemain-pemain usia dini," kata Gabriel Batistuta atau yang akrab disapa Gabu dikutip dari laman IBL.

Gabu dan pemain Tangerang Hawks lainnya, Winston Swenjaya, menghadiri peresmian revitalisasi lapangan basket Basecamp Jurumundi di Kota Tangerang Selatan. Kehadiran mereka disambut dengan antusiasme tinggi, terutama oleh anak-anak yang mencoba lapangan baru.

Baca juga: IBL-Mandiri telah renovasi 51 lapangan bola basket

Gabu berharap program revitalisasi lapangan basket ini bisa lebih banyak menjangkau daerah di luar kota-kota besar, dan bahkan luar Pulau Jawa.

"Saya juga berharap program ini sampai ke Palu, Sulawesi Tengah, tanah kelahiran saya. Semoga lapangan basket di Palu bisa diperbaiki ke depan," ujar Gabu.

Perbaikan lapangan di kawasan Jurumundi ini mendapat sambutan positif dari perwakilan Perbasi Kota Tangerang Selatan. Mereka berharap revitalisasi ini dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi bola basket di daerah tersebut.

Kota Tangerang Selatan telah dua kali menjuarai Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA), yakni pada tahun 2022 dan 2024. Dengan adanya fasilitas baru, diharapkan olahraga bola basket semakin diminati oleh kalangan remaja di wilayah ini.

Baca juga: Menpora sebut pebasket Indonesia berkembang pesat

Selain itu, Winston Swenjaya, point guard dari Tangerang Hawks, juga menaruh harapan besar terhadap program revitalisasi ini. Menurutnya, fasilitas yang lebih baik dapat melahirkan talenta-talenta baru yang berpotensi untuk bersaing di kancah profesional.

"Saya berharap cinta bola basket semakin merebak, dan mulai ada bibit unggul dari Tangerang Selatan, dan yang lebih penting lagi nantinya akan semakin banyak pemain basket bisa join ke profesional," ungkap Winston.

Dengan adanya revitalisasi lapangan ini, diharapkan prestasi bola basket di Kota Tangerang Selatan terus meningkat, serta menciptakan ruang bagi generasi muda untuk berkembang di dunia olahraga, khususnya bola basket.

Baca juga: IBL All Indonesian, asa pada pebasket muda

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024