Jakarta (ANTARA) - Persis Solo memberikan kekalahan perdana untuk Borneo FC setelah menang dengan skor 3-2 pada pekan kedelapan Liga 1 Indonesia di Stadion Manahan, Solo, Sabtu malam.

Ini merupakan kekalahan perdana dari Borneo FC pada kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2024/25 setelah pada tujuh pekan sebelumnya mengamankan empat kemenangan serta tiga hasil imbang, demikian catatan Liga Indonesia.

Pada pertandingan ini kemenangan Persis Solo hadir lewat gol yang dicetak oleh Moussa Sidibe, Karim Rossi dan Arkhan Kaka, sedangkan Borneo FC sempat unggul hingga membalas melalui Gabriel Furtado serta Leo Gaucho.

Berkat kemenangan ini Persis Solo menempati posisi ke-15 klasemen sementara dengan tujuh poin dari delapan pertandingan, sedangkan Borneo FC tertahan di peringkat empat dengan 15 poin.

Baca juga: Pelatih Persis sayangkan harus lakukan pergantian pemain lebih awal

Secara statistik, penguasaan bola menjadi milik Borneo FC dengan total 57 persen, sedangkan dalam melepaskan tendangan, kedua tim sama-sama mencatatkan 15 kali percobaan.

Borneo mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada pertandingan ini dan mampu unggul pada menit ke-15 setelah umpan sepak pojok Stefano Lilipaly dapat disambut sundulan Gabriel Furtado sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Persis baru dapat memberikan respon dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-34 setelah Moussa Sidibe membobol gawang dari Borneo setelah menerima umpan tarik Althaf Indie.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Borneo dapat kembali unggul, kali ini Leo Gaucho sukses mencatatkan namanya di papan skor setelah umpan Mariano Peralta dapat ia konversikan menjadi gol sehingga skor berubah menjadi 2-1 pada menit 43. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Baca juga: Persita Tangerang tahan imbang Borneo FC dengan skor 0-0 di Batakan

Memasuki babak kedua, Persis berupaya untuk menyamakan kedudukan, namun hal itu baru terealisasi pada menit ke-76 setelah umpan Rizky Dwi Febrianto dapat disambut sundulan Karim Rossi yang membobol gawang Borneo FC sehingga skor berubah menjadi 2-2.

Laskar Sambernyawa dapat membalikkan keadaan pada menit terakhir dengan memanfaatkan skema serangan balik. Berawal dari pergerakan dan umpan Ramadhan Sananta, bola dapat disambut Arkhan Kaki yang membobol gawang Borneo sehingga skor berubah menjadi 3-2 pada menit 90. Skor tersebut bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Selanjutnya pada pekan kesembilan Liga 1 Indonesia, Persis Solo dijadwalkan akan bertandang ke markas Bali United, Minggu (27/10), sedangkan Borneo FC menjamu PSBS Biak, dua hari sebelumnya.

Baca juga: Jadwal Liga 1 pekan ini: PSIS vs Persija, Persib jamu Persebaya

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024