Jakarta (ANTARA) - Pimpinan-pimpinan negara sahabat terus tiba ke Jakarta hingga Sabtu malam untuk menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI pada Minggu (20/10).

Berdasarkan tayangan YouTube Sekretariat Presiden yang dipantau di Jakarta pada Sabtu, tamu-tamu negara yang tiba pada Sabtu malam salah satunya Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

Anwar tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur dan disambut oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani.

Perdana Menteri Papua Nugini James Marape serta Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles juga tiba dari Lanud Halim Perdanakusuma.

Sementara itu, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. dan Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck Soo tiba melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, dan ketibaan mereka disambut Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Baca juga: Tamu negara terus tiba di Tanah Air jelang pelantikan Prabowo-Gibran

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters yang juga tiba dari Tangerang disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Layaknya pimpinan negara lain yang sudah tiba lebih dulu, upacara penyambutan dilakukan dengan melibatkan pasukan jajar kehormatan.

Diketahui sudah ada 14 Tamu Negara yang telah tiba di Indonesia hingga Sabtu sore, di antaranya Wakil Presiden China Han Zheng, Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, dan Utusan Khusus Presiden Uni Emirat Arab Nahyan bin Mubarak Al-Nahyan.

Sementara itu, Mantan Presiden Jerman Christian Wulff tiba di Indonesia pada Jumat (18/10) malam, sehingga menjadi tamu negara pertama yang hadir untuk pelantikan Prabowo-Gibran.

Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024—2029 akan dilaksanakan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Minggu.

Baca juga: MPR: Jumlah tamu kenegaraan yang hadiri pelantikan sekitar 33 negara

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024