Jakarta (ANTARA) - Tamu-tamu Negara terus berdatangan ke Jakarta hingga Sabtu sore untuk menghadiri upacara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, Minggu (20/10) pagi.

Sebagaimana dipantau melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Sabtu, tamu-tamu negara yang tiba di antaranya Wakil Perdana Menteri Qatar Dr. Khalid bin Mohamed Al-Attiyah dan Wakil Perdana Menteri Thailand Anutin Charnvirakul.

Kedua pemimpin negara tersebut tiba melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur dan disambut oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani.

Lebih lanjut, tamu-tamu negara yang tiba melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, adalah Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao dan Perdana Menteri Serbia Milos Vucevic, yang kedatangannya disambut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Perdana Menteri Kamboja Hun Manet dan Wakil Presiden China Han Zheng juga tiba melalui bandara tersebut. Namun, kedatangan mereka disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Usai tiba di Jakarta, Wapres China Han Zheng langsung bertemu Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungan ke Istana Negara.

Sementara itu, Utusan Khusus Presiden Uni Emirat Arab Nahyan bin Mubarak Al-Nahyan yang juga tiba di Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, disambut Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono.

Layaknya pimpinan negara lain yang sudah tiba lebih dulu, upacara penyambutan dilakukan dengan melibatkan pasukan jajar kehormatan.

Diketahui, tamu negara yang sudah tiba terlebih dahulu di Jakarta pada Sabtu pagi adalah Wakil Pertama Perdana Menteri Rusia Denis Manturov, Perdana Menteri Vanuatu Charlot Salwai Tabimasmas, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, dan Wakil Presiden Laos Pany Yathotou.

Wakil Perdana Menteri Qatar Dr. Khalid bin Mohamed Al-Attiyah dan Wakil Presiden Vietnam Vo Thi Anh Xuan juga telah tiba pada Sabtu pagi.

Sementara itu, Mantan Presiden Jerman Christian Wulff tiba di Indonesia pada Jumat (18/10) malam, sehingga menjadi tamu negara pertama yang hadir untuk pelantikan Prabowo-Gibran.

Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024—2029 akan dilaksanakan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Minggu.

Baca juga: Patroli TNI-Polri pastikan keamanan jelang pelantikan Presiden-Wapres
Baca juga: TNI-Polri sterilisasi Gedung MPR jelang pelantikan presiden dan wapres
Baca juga: AP Indonesia siapkan parkir pesawat tamu VVIP pelantikan Presiden

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024