Jakarta (ANTARA) - Pembalap Gresini Racing Federal Oil, Marc Marquez yang meraih podium kedua pada sesi sprint race optimistis bisa memberikan penampilan yang prima pada balapan utama MotoGP 2024 seri ke-17 di Sirkuit Philip Island, Australia pada Minggu (20/10).

Dalam sesi sprint race pada Sabtu, Marc berada di urutan kedua dengan selisih 1,520 detik dari pembalap Pramac Racing Jorge Martin yang menempati posisi pertama.

Penampilan prima Marquez pun sudah terlihat dalam sesi kualifikasi Sabtu pagi dengan catatan waktu 1 menit 27,890 detik di posisi dua, selisih 0,594 detik dari Jorge Martin.

"Kabar baiknya adalah kami akan memiliki kesempatan lagi besok. Tidak seorang pun tahu seperti apa balapan besok, jadi kami harus terus optimistis agar siap menghadapinya," kata Marc Marquez dalam siaran pers Federal Oil pada Sabtu.

Kendati tampil cukup menjanjikan pada sesi sprint race dan kualifikasi, namun pembalap berusia 31 tahun asal Spanyol itu menyoroti kendala saat start yang masih ia alami.

"Saya berhasil menyempurnakan apa yang menjadi titik lemah saya tahun ini dan makin nyaman dengan finis kedua di babak kualifikasi. Tapi kemudian saya membuat kesalahan dari hal yang sebenarnya menjadi titik kuat saya sejauh ini, yaitu start," kata Marc.

Baca juga: Jorge Martin tercepat di sprint race GP Australia

Marc menuturkan, "Saya mampu bangkit dengan baik, tetapi kesalahan di start tetap ada. Bagi seorang perfeksionis seperti saya, ini adalah hari yang pahit sekaligus manis."

Adik Marc Marquez, Alex Marquez akan memulai balapan dari posisi kedelapan setelah menuntaskan sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 29,009 detik.

Sayangnya, Alex Marquez kecewa tidak bisa menambah poin dari sprint race karena terhenti di putaran kelima seusai mengalami kecelakaan.

"Saya sudah tidak merasa senyaman kemarin sejak pagi. Sayangnya, di sini kondisi lintasan mudah berubah secara signifikan dan Anda harus pandai beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan ini," kata Alex Marquez.

"Kecelakaan itu bukanlah hal yang utama. Ini tentang feeling yang tidak bagus hari ini, padahal kemarin sangat baik. Kami perlu pemanasan yang baik, meskipun long lap penalty pasti akan memengaruhi balapan kami," kata Alex.

Berkat finis di posisi dua, Marc Marquez kini kembali berada di posisi tiga klasemen titel Juara Dunia MotoGP 2024 dengan 320 poin. Sedangkan Alex Marquez berada di posisi 12 dengan 124 poin.

Balap MotoGP seri ke-17 musim 2024 berlangsung di Sirkuit Philip Island pada Minggu (20/10) besok. Dengan demikian, balapan tinggal menyisakan tiga seri sebelum tutup musim antara lain MotoGP Thailand pada 25-27 Oktober, MotoGP Malaysia 1-3 November dan MotoGP Valencia periode 15-17 November.

Baca juga: Klasemen MotoGP: Martin perlebar jarak dari kejaran Pecco

Hasil Sprint Race MotoGP Australia:

1. Jorge Martin - Pramac Ducati
2. Marc Marquez - Gresini Ducati
3. Enea Bastianini- Ducati Lenovo
4. Francesco Bagnaia - Ducati Lenovo
5. Fabio Di Giannantonio - VR46 Ducati
6. Franco Morbidelli - Pramac Ducati
7. Raul Fernandez - Trackhouse Aprilia
8. Aleix Espargaro - Aprilia Racing
9. Augusto Fernandez - Red Bull GASGAS Tech3
10. Luca Marini - Repsol Honda
11. Fabio Quartararo - Monster Yamaha
12. Alex Rins - Monster Yamaha
13. Joan Mir - Repsol Honda
14. Takaaki Nakagami - LCR Honda
15. Lorenzo Savadori - Aprilia Racing

Baca juga: Marquez bersaudara pimpin sesi latihan MotoGP Australia

Baca juga: Jorge Martin kunci pole position di GP Australia

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024