Kami mengatur relokasi pesawat-pesawat tamu negara dengan jenis pesawat tipe Wide Body dan Narrow Body. Tentunya dengan tetap memperhatikan standar keselamatan penerbangan yang ketat
Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, menyediakan lokasi parking stand narrow body yang khusus diperuntukkan pesawat tamu delegasi negara undangan pelantikan pasangan presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pemilu 2024.

Asst Deputy Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi di Tangerang, Sabtu, mengatakan, pihaknya telah mengatur relokasi pesawat-pesawat tamu negara dengan jenis pesawat tipe Wide Body dan Narrow Body.

Menurut dia, langkah yang dilakukannya itu untuk menghindari adanya gangguan jadwal penerbangan komersial reguler, dan menjaga efisiensi pergerakan pesawat di landasan pacu dan apron.

"Kami mengatur relokasi pesawat-pesawat tamu negara dengan jenis pesawat tipe Wide Body dan Narrow Body. Tentunya dengan tetap memperhatikan standar keselamatan penerbangan yang ketat," ujarnya.

Ia mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta sudah melakukan persiapan untuk menyambut tamu negara yang akan menghadiri pelantikan presiden/wakil presiden RI pada 20 Oktober 2024, dengan datang melalui Terminal VVIP Soetta.

Dalam hal ini, pihaknya bekerja sama dengan Paspampres, Sekretariat Negara (Setneg), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Tim Transisi, InJourney Airports, serta pihak terkait lainnya. Mereka yakni, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I, Customs, Immigration, Quarantine, TNI serta Polri.

"Ini untuk memastikan kelancaran dan keamanan seluruh proses kedatangan maupun keberangkatan tamu negara. Setiap aspek penyambutan berjalan lancar dan sesuai dengan protokol yang ditetapkan," kata Holik.

Dia pun memastikan seluruh fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta, termasuk layanan VVIP, telah dipersiapkan sesuai dengan standar internasional dan protokol yang ketat. Hal tersebut untuk memastikan keselamatan, kenyamanan, dan keamanan, khususnya dalam acara kenegaraan yang penting.

"Tak hanya keamanan kami juga telah menambah beberapa fasilitas dan layanan pendukung. Seperti kendaraan VVIP dan petugas service selama kegiatan ini,” ucapnya.

Tamu delegasi negara, yang datang pada Sabtu (19/10) ini antara lain seperti dari Rusia diwakili oleh wakil perdana menteri), pada pukul 06.35 WIB, Laos diwakili oleh PDR pada pukul 11.35 WIB, Dlfan Vietnam pukul 13.00 WIB.

Kemudian,  Vanuatu pukul 13.15 WIB, Brunai Darussalam pukul 15.00 WIB, Timor Leste pukul 15.40 WIB, Serbia pukul 15.40 WIB, China pukul 16.30 WIB, Kamboja pukul 17.30 WIB, Selandia Baru pukul 17.55 WIB, Solomon Islands pukul 19.00 WIB, Filipina pukul 19.45 WIB, Korea Selatan pukul 20.05 WIB dan Singapura tiba pukul 07.05 WIB pada 20 Oktober 2024.

Baca juga: PT Angkasa Pura I dan II resmi gabung jadi Angkasa Pura Indonesia
Baca juga: Penumpang luar negeri di Soetta wajib isi keterangan SatuSehat

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024