Bandarlampung (ANTARA) - Aparat gabungan TNI-Polri  menggelar patroli skala besar di Bandarlampung, menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih pada 20 Oktober 2024 .

"Patroli ini bertujuan memastikan kondisi kota tetap aman dan kondusif," kata Kapolresta Bandarlampung, Kombes Pol Abdul Waras, dalam keterangannya di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan patroli skala besar ini  dibantu Satpol PP,  dan dilakukan juga di tingkat Polsek untuk mendukung keamanan di seluruh wilayah.

Aparat menyisir area vital seperti pusat perbelanjaan, kantor pemerintah, dan pusat keramaian yang berpotensi mengalami gangguan keamanan.

"Patroli ini berlangsung siang dan malam hingga pelantikan selesai, dengan tujuan mengantisipasi segala potensi gangguan," tambah Kombes Pol Abdul Waras.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Umi Fadilah Astutik mengapresiasi sinergisitas antara TNI-Polri dalam menjaga keamanan menjelang pelantikan nasional.

“Kami pastikan seluruh wilayah Lampung berada dalam pantauan ketat untuk menjamin kelancaran acara pelantikan. Kesiapsiagaan ini juga sebagai bentuk antisipasi terhadap potensi gangguan yang mungkin timbul.” ungkap Kabid Humas.

Kombes Umi Fadillah juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang dapat memicu keresahan.

“Kami berharap masyarakat turut mendukung upaya aparat dalam menjaga stabilitas keamanan. Laporkan jika ada hal-hal yang mencurigakan agar segera ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepolisian Resor Lampung Selatan memperketat pengamanan di Pelabuhan Bakauheni Lampung menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih.

"Jelang pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang akan digelar pada hari Minggu tanggal 20 Oktober 2024, kami perketat pengamanan," kata Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin.

Ia mengatakan, pelaksanaan pengetatan pengamanan di pintu masuk pelabuhan penyeberangan ke Pulau Jawa tersebut akan berlangsung selama dua hari.

"Mulai hari ini dan besok kami jajaran Polres Lampung Selatan akan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang menuju Pulau Jawa. Kegiatan ini merupakan antisipasi gangguan kamtibmas jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih," katanya.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024