Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 14 kendaraan taktis bersiap di halaman kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, atau sehari menjelang Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029.

Berdasarkan pantauan ANTARA pada pukul 16:45 WIB, sejumlah prajurit mulai membersihkan kendaraan taktis yang terdiri atas 10 unit Anoa 6x6 Armoured Personnel Carrier (APC) dan 4 unit Indonesian Light Strike Vehicle (ILSV).

Selain itu, sejumlah prajurit mulai menempelkan kertas dengan rincian tamu VVIP dan bendera kewarganegaraannya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di gerbang depan DPR RI, Jalan Gatot Subroto, dan gerbang belakang DPR di Jalan Gelora, tidak tampak kendaraan taktis yang bersiaga.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan bahwa jumlah tamu kenegaraan yang telah mengonfirmasikan kehadiran dalam acara pelantikan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029 sekitar 33 negara.

Muzani menjelaskan bahwa 33 negara tersebut meliputi negara sahabat seperti negara di kawasan maupun mitra ASEAN.

"Tentu saja ini sebuah jumlah yang sangat besar, membanggakan, dan ini sebuah penghormatan yang amat besar bagi kita sebagai bangsa," kata Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu siang.

Oleh sebab itu, dia mengharapkan bahwa Indonesia dapat menjadi tuan rumah yang ramah, baik, dan menghormati setiap tamu dari mana pun berada.

Agenda pelantikan ini di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10) pukul 10.00 WIB.
Seorang prajurit sedang membersihkan kendaraan taktis untuk acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10/2024). (ANTARA/Rio Feisal)

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024