Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah pegunungan, lereng timur, dan pantai timur Sumut yang dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) yang dapat disertai angin kencang dan petir.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah pegunungan, lereng timur, dan pantai timur Sumut yang dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Prakiraan BMKG Wilayah 1 Medan Utami di Medan, Sabtu.

Ia mengatakan secara umum kondisi cuaca di Sumut pada Minggu (20/10) pada pagi hari rata-rata cerah berawan. Sedangkan  siang dan sore hari cerah berawan dengan potensi hujan berintensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumut, terutama di Asahan dan sekitarnya.

Sementara pada malam hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Deli Serdang, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, Langkat, Serdang Bedagai, Simalungun dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG sebut hujan bakal guyur sejumlah kota besar RI pada Sabtu

Kemudian pada dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Deli Serdang, Langkat, Binjai, Medan, Langkat, dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 14 hingga 33 derajat Celcius dengan kelembaban udara 52 - 98 persen dan angin berhembus dari tenggara - barat daya berkecepatan 4 – 15 km/jam.

Sementara Prakiraan Stasiun Meteorologi Belawan Rizki Fadhillah menyebutkan rata-rata gelombang laut di perairan Sumatera bagian utara kategori rendah (0,5-1,25 meter) dan sedang (1,25-2,5 meter) yang berpotensi Sabtu malam hingga Minggu pagi.

Baca juga: BMKG ingatkan warga waspadai hujan lebat dan angin kencang di Sulut

Gelombang dengan kategori sedang berpotensi terjadi di perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, perairan barat Aceh, Samudra Hindia barat Aceh, perairan Nias-Sibolga, dan Samudera Hindia barat Nias.

Gelombang kategori rendah berpotensi terjadi di perairan Sabang-Banda Aceh, perairan Lhokseumawe, Selat Malaka bagian tengah, dan perairan Meulaboh-Sinabang.

Pola angin di perairan Sumut bagian utara di pesisir sebelah timur umumnya bertiup dari selatan hingga barat laut, sedangkan di pesisir sebelah barat umumnya angin bertiup dari timur hingga barat daya dengan kecepatan 2-25 knot.

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi cuaca ekstrem di Jateng pada 19-21 Oktober

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024